Reses Masa sidang III tahun 2022 Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Padang Ajak Masyarakat lakukan Perubahan untuk lebih baik

0
1138
ads

24 Oktober 2022

Reses Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani Dt.Rajo Jambi

PadangTIME.com – Tingginya kasus narkotika menjadi perhatian khusus bagi ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani Dt.Rajo Jambi. Pasalnya, separuh Kota Padang kini sudah masuk zona merah kasus narkotika.

“Ini perlu, karena banyak yang menjadi korban gara-gara narkotika,”katanya saat melakukan reses masa sidang III tahun 2022, di masjid Raya Andalas, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Rabu (5/10) kemaren.

Selain itu, ketua DPRD Kota Padang, juga menyoroti asusila yang mana menjadi korbannya anak-anak dan perempuan.

“Ini masalah yang sangat serius, karena terus terjadi, harus ada jalan keluarnya,” imbuhnya.

Orang nomor satu di DPRD Kota Padang menghimbau kepada masyarakat, agar kembali menyemarakkan masjid. Selain untuk beribadah, masjid juga untuk musyawarah, dan menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di tengah tengah masyarakat.“Saya menghimbau kepada masyarakat agar kembali masjid, kita hidupkan lagi masjid. Tidak sekedar beribadah, namun juga untuk kegiatan lainnya, seperti musyawarah untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada saat ini terjadi,”ujar Datuk Rajo Jambi ini.

Pada kegiatan Reses  yang lain pada waktu yang berbeda Ketua DPRD Padang Syafrial Kani menyerahkan hibah bantuan empat unit mesin potong rumput kepada masyarakat RT VI pada RW V Kelurahan Cupak Tangah, Kecamatan Pauh. Selasa (4/9) di UPT Pertamanan dan Pemeliharaan Hayati DLH Kota Padang.

Dalam kesempatan itu, Syafrial Kani mengatakan alat potong rumput yang diberikan kepada RT VI dan RW V agar digunakan dengan sebaik-baiknya dan dirawat dengan baik.

“Diharapkan alat bantuan yang diberikan ini, bisa digunakan sebagaimana mestinya untuk kebersihan maupun sektor pertanian maupun pekerbunan di wilayah ini,” kata Syafrial Kani.

Syafrial Kani yang bergelar Datuak Rajo Jambi menambahkan, alat potong rumput ini juga bisa digunakan untuk kebersihan fasilitas umum maupun kebersihan lingkungan warga yang dapat dipakai dalam bergotong-royong.

“Dengan adanya mesin potong rumput ini juga diharapkan produktivitas warga dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar bisa lebih ditingkatkan, termasuk dalam menjada fasum lapangan maupun tempat yang perlu dibersihkan dan dirapikan dengan mesin ini, ” pungkasnya.

Reses Wakil  Ketua DPRD Kota Padang Ilham Maulana 

Pada reses masa sidang III ini, Ketua DPRD Padang juga menjemput aspirasi masyarakat di kelurahan Andalas, Kecamatan Padang Timur. Berbagai kebutuhan masyarakat, diutarakan dalam kegiatan tersebut. Mulai dari pembangunan mesjid dan mushala, pembangunan jalan lingkung, masalah pendidikan, serta Kamtibmas.

“Insya Allah akan kami bantu, untuk Masjid Raya Andalas akan dibantu Rp100 juta. Sedangkan tiga masjid lainnya juga kita bantu masing-masingnya Rp50 juta,serta kongsi kematian Rp25 juta. Namun untuk pelaksanaan ditahun 2024, karena tahun 2023 sudah ketok palu,”ucap pria yang juga Ketua Alumni SMAN 5 Padang ini.

Sementara itu, Camat Padang Timur Siska Meilani, kunjungan ketua DPRD Kota Padang  reses masa sidang III tahun 2022 menyerap aspirasi masyarakat. Terutama permasalahan masjid, jalan, tanah fasum, dan akan ditindak lanjuti.

“Tentunya kami akan berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dengan masalah yang ada di Kelurahan Andalas, khusus untuk bantuan itu dana pokok pikiran (pokir),” pungkasnya

Sektor pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat menjadi fokus utama Wakil Ketua DPRD Padang Ilham Maulana untuk masyarakat Seberang Palinggam, Kecamatan Padang Selatan. Pasalnya kebutuhan masyarakat di sektor tersebut masih banyak kekurangan yang mesti dibenahi.

“Perbaikan infrastruktur pendidikan dan kesehatan serta peningkatan ekonomi masyarakat perlu kita benahi disini. Agar kesejahteraan masyarakat meningkat,” sebut Ilham Maulana kepada wartawan disela sela reses masa sidang III, Kamis (6/10/2022).

Dalam reses tersebut, Ilham Maulana juga meresmikan pagar kantor lurah Seberang Palinggam yang baru selesai dibangun dengan dana pokok pikiran (pokir) anggaran tahun 2022, berdasarkan reses penjaringan aspirasi yang dilakukan tahun lalu.

Selanjutnya, meresmikan pemakaian jalan lingkung di Seberang Palinggam, aspirasi masyarakat dari Anggota DPRD Padang Almarhum Meilasa Waruwu sepanjang 350 meter lebih kurang.

“Kita melakukan peresmian pagar kantor lurah seberang palinggam yang sudah lama diidam idamkan masyarakat. Pemagaran kantor lurah ini meminimalisir kriminalitas. Tidak akan terjadi peristiwa pencurian kalau safety aman. Selama ini safety tidak aman, aehingga wajar kemalingan terus,” tuturnya

Ia juga memaparkan rencana pembangunan infrastruktur tahun 2023 di sana. Seperti pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) MIN 7 dengan anggaran Rp 232 juta. Pembangunan Mushala di SMP 35 tahun 2023 dengan anggaran Rp 245 juta. Agar anak-anak mata pelajaran agama bisa diarahkan untuk mendalami pelajaran islam. Kemudian rehabilitasi rusak sedang dan berat SD Negeri 34 yang kondisinya memiriskan, dengan anggaran Rp 245 juta.

Ilham Maulana juga megupayakan terealisasinya tempat pelatihan budaya Balanse Madame di sana. Karena budaya ini bisa nantinya menjadi ciri khas Seberang Palinggam. Apalagi disana juga merupakan daerah destinasi wisata.

“Infrastruktur kantor pemerintahan, pendidikan sekolah dan perbaikan ekonomi masyarakat seperti kube dan biaya pendidikan kepada anak sekolah, serta hibah untuk rumah ibadah menjadi fokus kita di tahun 2023. Insya Allah dapat kita realisasikan,” urainya.

Ketua LPM Seberang Palinggam Syamsurizal mengucapkan terima kasih kepada Klham Maulana yang telah memberikan perhatian tinggi di wilayahnya. Sebab dengan perhatian tersebut, membuat kebutuhan dasar masyarakat setempat dapat terpenuhi dengan baik.

Saat ini Syamsurizal mengharapkan kepada Ilham Maulana untuk membangun gelanggang pertunjukan seni Balanse Madame, yang merupakan akulturasi dari Portugis, Belanda dan Kelompok Nias.

“Rencananya gelanggang tersebut dibangun di samping SMPN 35 atau di rumah dinas SD Inpres 34 yang sudah terbakar dan tidak termanfaatkan. Jika selesai dibangun, kita akan buat pentas seni balanse madame dengan gamad disana,” ucapnya.(tn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini