Rektor UNP : Ramadhan Adalah Momentum Perubahan

0
319
ads
Padang TIME – Kegiatan Tawareh malam pertama, Sabtu 2/4 di Masjid Al-Azhar Universitas Negeri Padang diisi dengan ceramah Ramadhan oleh Ustad Dr. Ahmad Kosasih, M.A yang menyampaikan ceramah tentang hakikat puasa, sejarahnya.
Puasa yang dilakukan oleh orang-orang sebelum umat Muhammad, seperti kaum Nabi Daud, Nabi Sulaiman, Nabi Musa dan sebagainya, karena puasa akan mengantarkan manusia kepada taqwa, dilaksanakan pada hari waktu tertentu,” ujar Dosen Pendidikan Islam FIS UNP ini.
Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D dalam sambutannya menyampaikan “Bulan Ramadhan dan pelaksanaan ibadah puasa jika dilaksanakan dengan baik dapat menjadi momentum perubahan, ada tiga momen perubahan dari puasa, pertama perubahan pola pikir , puasa bisa dijadikan sebagai perubahan cara berpikir dalam menghadapi kerasnya tantangan hidup, karena puasa melatih diri kita untuk menghadapi tantangan, kemudian puasa sebagai momentum perubahan perilaku, puasa ramadhan mengubah perilaku kita menjadi lebih baik, puasa melatih kita untuk menjadi umat yang disiplin, taat hukum, berempati kepada sesama, istiqamah, dan berlaku selektif dan yang ketiga adalah puasa sebagai momentum perubahan sosial, puasa ramadhan melatih kita untuk bisa mengendalikan diri dari segala bentuk nafsu dan degradasi perilaku yang meruntuhkan kemanusiaan kita, sekaligus menyadari status sosial orang lain.
Oleh karena itu anjuran dan larangan saat kita berpuasa memiliki dimensi sosial di baliknya, selalu terkait dengan diri kita sendiri. interaksi dengan orang lain,” kata Rektor yang juga PWNU Sumbar itu.
Pada kegiatan tawareh ini juga dihadiri para pimpinan UNP, Pengurus Masjid Al-Azhar, mahasiswa UNP dan Masyarakat sekitar kampus UNP.
Selanjutnya kegiatan Ramadhan selama satu bulan akan diisi ceramah subuh dan taraweh, buka bersama dan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini