Peduli Sesama, Nagari Bukit Batabuah Sediakan Dapur Umum dan Rumah Takjil

0
349
Padang TIME – Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama di bulan Ramadan 1443 H, Nagari Bukit Batabuah, Kecamatan Canduang menyediakan dapur umum dan rumah takjil secara gratis bagi masyarakat.
Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Canduang, Zulhendri Malin mengatakan, melalui dapur umum dan rumah takjil itu, tim pelaksana aksi sosial menyediakan nasi bungkus daun dan aneka takjil.
“Nasi bungkus daun dan takjil diantarkan ke rumah-rumah warga oleh tim pelaksana. Penerima diutamakan masyarakat lanjut usia, penyandang disabilitas, anak yatim, anak piatu,” sebutnya, Minggu (3/4).
Lebih lanjut dijelaskan, aksi peduli sesama itu berawal dari perkumpulan para relawan pasca bencana Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat. Tujuannya, untuk menggerakan solidaritas antar anak Nagari Bukit Batabuah
“Jadi pelaksanaan kegiatan dari lembaga nagari diantaranya KSB, Karang Taruna, PSM, FKDT, Parik Paga, Bundo Kanduang, PKK, Majelis Ta’lim, Kelompok Pencinta Alam, tokoh masyarakat, pemuda-pemudi se Nagari Bukik Batabuah,” sebut Koordinator TKSK Provinsi Sumatera Barat itu.
Disebutkan dapur umum atau tempat memasak dipusatkan di Simpang Bukik, Jorong Kubang Duo Koto Panjang, Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang sekaligus sebagai Posko utama nagari.
Selanjutnya aneka takjil diletakkan di Garobah Sadakah yang ada di empat lokasi di jorong se Nagari Bukik Batabuah. Lokasi pertama di simpang Kubu Apa, lalu di Simpang Gobah, di Simpang Pincuran Sobok dan di Ponggok.
“Jadi masyarakat bisa mengambil takjil secara gratis. Untuk masyarakat yang ingin beramal juga bisa menitipkan takjil di garobah sadakah yang disediakan,” ucapnya.
Pelaksanaan aksi berbagi di bulan puasa ini sambungnya, kegiatan di dapur umum dan rumah takjil ini didanai dari sumbangan swadaya masyarakat, baik donatur dari perantau maupun donatur di kampung.
“Bagi para dermawan yang ingin turut beramal, kami menerima donasi melalui rekening BNI 061701000314569 a/n Agus Nardi,” sebutnya.
Ditambahkan, dapur umum dan rumah takjil di Nagari Bakit Batabuah ini merupakan aksi perdana. Sedangkan, Garobah Sadakah sudah berjalan selama tiga tahun terakhir. (rh/pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini