Prodi Animasi UNP Gelar Seminar Bersama CEO Durioo+ dan Piapi Animation

0
1049

Padang TIME | Prodi Animasi Sekolah Vokasi Universitas Negeri Padang  menyelenggarakan seminar dan kuliah umum dengan tema “Memulai Studio Animasi dan Pengembangan IP Di Bawah Era Blooming AI” di Ruang Serba
Guna Fakultas Teknik (FT) UNP, Senin (4/12 /2023).
 

Prodi Animasi dalam seminar ini mendatangkan CEO Durioo SDN.BHD (Durioo+) Malaysia , Sinan Ismail serta Heru Martio,   CEO PT. PIAPI Creative Media yang merupakan mitra Eksklusif Prodi Animasi UNP dalam bidang kelas industri animasi 3 dimensi sebagai narasumber.

Wakil Direktur I Sekolah Vokasi UNP, Dr.Ir. Bambang Heriyadi, MT membuka acara dan mengingatkan pentingnya memiliki cita-cita untuk mendirikan studio animasi serta membuka lapangan kerja di bidang animasi sendiri.

Ia juga berharap pihak dari Durioo+ dan Piapi Animation dapat menjadi pendamping studio yang bersedia membina Studio Animasi rintisan dari
lulusan Prodi Animasi UNP Kedepannya.

Pemateri pertama, Sinan Ismail memaparkan materi dengan judul “Building Great Stories” yaitu pentingnya sebuah cerita dibalik produksi film animasi. Menurutnya, syarat utama sebuah film animasi dapat laku dan bertahan lama di pasaran adalah cerita yang bagus dan menarik, bukan hanya sekedar teknis yang bagus. 

“Untuk membuat film animasi yang bagus, formula yang tepat adalah 3:2 yaitu 3 tahun riset cerita dan 2 tahun produksi, begitu juga seterusnya,” terangnya.

Sementara itu pemateri kedua, Heru Martio memaparkan materi dengan judul “lets build animation studio”. Dalam materinya ia mengajak mahasiswa animasi kedepannya untuk mau dan mampu membangun studio animasinya sendiri, CEO Piapi Animation mengajak lulusan alumni Prodi Animasi UNP untuk ikut serta membangun ekosistem industri animasi di Sumatera Barat, sehingga produsen animasi ini tidak lagi Jawa-sentris mengingat SDM animasi di Sumatera Barat juga tidak kalah dari segi kualitas.

Terbukti sudah cukup banyak serial animasi tingkat internasional yang sudah digarap penuh oleh talenta dari Sumatera Barat dan banyak juga Mahasiswa
Prodi Animasi UNP yang sudah terlibat dalam real project membuat serial animasi malaysia antara lain Omar Hana, Mina Mila, Little Ammar dan lain sebagainya.

Diketahuinya, kegiatan kuliah umum dan seminar kali ini, dihadiri oleh 9 unsur pimpinan Durioo+ dan 3 unsur pimpinan Piapi Animation. Hal ini merupakan prestasi juga untuk Prodi Animasi UNP untuk mulai melangkah maju menjajaki industri tingkat Internasional. (pt)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini