Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Padang Lakukan Reses Masa sidang II Tahun 2023

0
396

21 Mei 2023

PadangTIME.com – Pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang kembali menggelar reses masa sidang II tahun 2023. Reses tersebut bertujuan untuk melihat kondisi riil masyarakat dan menyerap aspirasi masyarakat secara lansung yang dilakukan pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang di luar masa sidang atau di luar gedung DPRD Kota Padang.

Seperti reses Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani. Ia menggelar reses masa sidang  2 tahun 2023. Misalnya di Masjid Asra Al- Bakrie di Kelurahan Olo, Kecamatan Padang Barat (6/5/2023).

Pada kesempatan itu, yang menjadi fokus Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani adalah terkait tingginya kasus narkotika. Ia harus menyampaikan kepada masyarakat dimana Kota Padang saat ini sudah masuk zona merah kasus narkotika.

“Hal ini menjadi perhatian serius oleh Pemerintah Kota Padang, karena banyak yang menjadi korban gara-gara narkotika,” kata Syafrial Kani

Kota Padang diketahui terdapat 48 kasus pelecehan anak dan perempuan.

Hal ini sangat mengkhatirkan kondisi Kota Padang, saat ini. Hal ini menjadi tanggyng jawab kita bersama. Jangan sampai kita masuk dalam golongan orang-orang yang zalim karena membiarkan kondisi Padang saat ini.” katanya.

Maka dari itu, Syafrial Kani menyebutkan, bahwa akan segera membuat rancangan perda inisiatif yakni Ranperda Masjid Pari­purna untuk menjawab persoalan tersebut.

”Semuanya merupakan masalah kita dan seluruh pihak harus berperan aktif dalam menyelesaikan berbagai masalah yang ada di Kota Padang. Baik eksekutif maupun legislatif,” kata Pria yang juga Ketua Alumni SMAN 5 Padang itu.

Syafrial Kani juga mengimbau kepada masyarakat, agar kembali menyemarakkan masjid. Selain untuk beribadah, masjid juga untuk musyawarah, dan menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di tengah tengah masyarakat.

“Saya mengimbau kepada masyarakat agar kembali masjid, kita hidupkan lagi masjid. Tidak sekedar beribadah, namun juga untuk kegiatan lainnya, seperti musyawarah untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada saat ini terjadi,” ujar Datuk Rajo Jambi ini.

Pada kesempatan reses ini  Syafrial Kani juga memberikan bantuan pokok pikiran sebesar Rp 200 juta kepada Masjid Asra Al- Bakrie yang diperuntukkan untuk pendidikan anak-anak yang tidak mampu dilingkungan tersebut.

Reses Masa Sidang II Tahun 2023, Ketua DPRD Syafrial Kani Ungkap Kota Padang Zona Merah Kasus Narkotika hingga Maraknya Pelecehan Anak dan Perempuan

Reses Amril Amin Dihadiri
Wako Hendri Septa

Reses Wakil Ketua DPRD Kota Padang Amril Amin dihadiri Wali Kota Padang Hendri Septa. Wako menyambut baik atas digelarnya Reses II Masa Sidang II Tahun 2023 Wakil Ketua DPRD Kota Padang Amril Amin yang dilangsungkan di lapangan Perumahan Villa Mega, Kelurahan Mata Air, Kecamatan Padang Selatan, Minggu (7/5/2023) pagi.

Meski di tengah cuaca hujan saat itu, hadirin peserta reses pun cukup membludak mengikuti agenda rehat masa sidang kedewanan politisi PAN Kota Padang tersebut. Kegiatan itu juga diselingi dengan senam massal, pembagian undian ‘doorprize’ serta penyediaan cek kesehatan gratis dan donor darah.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota (Pemko) Padang, saya menyambut baik pelaksanaan reses yang merupakan agenda rutin bagi setiap wakil rakyat ini. Reses tersebut sangat penting karena merupakan momen bagi masyarakat menyampaikan aspirasi kepada wakil rakyatnya,” ungkap Wali Kota dalam sambutan dan arahannya.

“Kita tentu berharap aspirasi yang disampaikan masyarakat dapat ditampung oleh Pak Amril Amin dengan baik, untuk nantinya dibahas bersama kita Pemerintah Kota Padang,” sambung Wako Padang yang disambut antusias peserta reses saat itu.

Selanjutnya orang nomor satu di Kota Padang berharap DPRD Kota Padang bersama Pemko Padang terus bersinergi dan berkolaborasi merealisasikan berbagai aspirasi masyarakat Kota Padang.

Reses Masa Sidang II Tahun 2023, Ketua DPRD Syafrial Kani Ungkap Kota Padang Zona Merah Kasus Narkotika hingga Maraknya Pelecehan Anak dan Perempuan“Baik itu di sektor pendidikan, kesehatan, sosial ekonomi, infrastruktur serta hal pokok dan kebutuhan masyarakat lainnya. Semoga kita bisa merealisasikan harapan masyarakat. Semuanya demi kemajuan Kota Padang dan kesejahteraan warga yang kita cintai ini,” pungkas Wali Kota Padang bersemangat

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Padang Amril Amin membeberkan, berbagai aspirasi masyarakat diterima olehnya pada Reses II Masa Sidang II di tahun 2023 ini. Usulan yang diterima lebih kepada peningkatan pembangunan dan perbaikan fasilitas umum (fasum).

“Usulan itu mulai dari upaya pembenahan jalan lingkungan, perbaikan drainase serta rehab rumah ibadah dan fasilitas pendidikan. Kita juga terima aspirasi terkait permohonan bantuan penguatan bagi usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM). Insya Allah, semua aspirasi masyarakat yang kita terima semoga bisa direalisasikan pada tahun depan,” imbuh pria yang akrab disapa Aciak Amin tersebut.

Dalam kegiatan tersebut juga hadir Plh Camat Padang Selatan Tarmizi Ismail bersama Lurah, Ketua LPM dan elemen masyarakat se-Kecamatan Padang Selatan.

Reses Masa Sidang II Tahun 2023, Ketua DPRD Syafrial Kani Ungkap Kota Padang Zona Merah Kasus Narkotika hingga Maraknya Pelecehan Anak dan Perempuan

 

Ilham Maulana Jelakan Proses Bantuan Hibah Bansos

Wakil Ketua DPRD Kota Padang Ilham Maulana menggelar reses Jl. Sarga  RT.03 RW.03 Kel. Andalas Kec. Padang Timur pada Rabu/3 Mei 2023. Pada Kamis/4 Mei 2023, reses digelar di Jl. Ganting No. 23  RT.03 RW.09 Kel. Ganting Parak Gadang Kec. Padang Timur.

Sementara pada Jumat/5 Mei 2023, Ilham bertemu masyarakat di Alang Laweh 2 No.10 RT.11 RW.03 Kel. Alang Laweh Kec. Padang Selatan

Jam : 14.00 Wib. Dan pada Sabtu/6 Mei 2023, di Jl. Kp. Durian Kel. Parak Gadang Timur Kec. Padang Timur

Pada pertemuannya disaat reses dengan masyarakat, intinya Ilham Maulana menyampaikan terkait dengan perwako revisi tentang bantuan hibah dan bansos dengan kategori penerima:

1. untuk hibah yaitu, organisasi yang memiliki badan hukum mulai dari tingkat kelurahan  dan kota

2. Hibah untuk kegiatan rumah ibadah dan organisasi di dalamnya

3. Bansos (untuk masyarakat kurang mampu yang memiliki no DTKS)

Reses Masa Sidang II Tahun 2023, Ketua DPRD Syafrial Kani Ungkap Kota Padang Zona Merah Kasus Narkotika hingga Maraknya Pelecehan Anak dan Perempuan

4. Bansos bagi masyarakat kurang mampu yang tidak memiliki no DTKS maka bagi masyarakat yang memiliki usaha harus membuat NIB ( nomor induk berusaha) ke ke lurahan dan dinas UMKM agar dapat di bantu dalam bentuk barang yang sudah ada table barangnya di dinas UMKM.

Selain itu, Ilham Maulana juga menjelaskan soal belanja langsung terkait dengan pembangunan infrastruktur pendidikan, kesehatan, jalan, riol, jembatan, infrastruktur atau prmbangunan kelurahan dan pembangunan PJU di lingkungan pemukiman masyarakat.

Masyarakat antusias mengikuti reses Ilham Maulana. Mereka menyampaikan aspirasi terkait hibah untuk pembangun pos pemuda, pembangunan irigasi persawahan, lampu penerangan jalan umum dalam lingkungan pemukiman masyarakat, penertiban kabel” obtik dan penggalian sisa” kabel obtik yang sifatnya mulai mengganggu ketentraman dan kenyamanan masyarakat, dan permintaan masyarakat terumah yaitu segera pencairan hibah dan bansos.

 

Reses ke II wakil ketua DPRD Padang Arneldi Yarmen.S.Pd

Pelaksanaan reses ke 2 wakil ketua DPRD Padang Arneldi Yarmen S.pd Dapil V Padang dilaksanakan di gedung Balatkop Sumbar Di jalan S.Parman ulak karang Padang Utara

Reses tersebut dihadiri oleh ibu-ibu yang tergabung dalam Majelis Taklim Kecamatan Padang Utara. kecamatan Nanggalo, Dan Padang Barat pada Masa reses merupakan masa penting yang sejatinya secara fungsional sebagai media menjaring aspirasi masyarakat.
Terutama masalah kenakalan remaja yang meresahkan masyarakat, dan sampah dilingkungan warga yang sulit untuk dikelola dengan baik sehingga warga harus membakar sampah.


Masalah pendidikan dan lowongan kerja yang minim sekali sehingga warga meminta kepada Arneldi Yarmen untuk mengadakan pelatihan gratis untuk anak anak tamat sekolah dan tamat kuliah
Belum lagi mahalnya paket paket LKs dan buku buku belajar yang harus dibeli di sekolah sehingga wali murid mengeluh
Warga juga keluhkan jalan berlobang di jalan kampung olo dan penerangan lampu jalan di setiap sudut kota dan warga juga merasa kurang nyaman keluar rumah
Dan warga meminta kepada anggota dewan ini mengaktifkan kembali tanaman tanaman kWt yang ada di kelurahan kelurahan

.”Saya juga berharap apa yang menjadi usulan masyarakat nantinya juga dapat disampaikan dalam musrenbang tingkat kelurqhan, Kecamatan, dan kabupaten,” paparnya.Wakil Ketua DPRD dari Fraksi PKS ini menyampaikan, bahwa apa yang menjadi kebutuhan masyarakat akan selalu di perjuangkan dan akan minta Pemerintah kota Padang untuk diprioritaskan.

”Intinya, kami selalu siap untuk memperjuangkan aspirasi warga,” ujar politisi Partai PKS ini. Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah menyampaikan aspirasinya. Oleh karena itu, Arnedi Yarmen mengaku akan selalu berjuang demi kesejahteraan masyarakat Kota Padang.

Arneldi Yarmen menjawab pertanyaan tersebut. Akan terus berupaya berkoordinasi dengan pemerintah setempat dalam membangun generasi muda pendidikan akhlak dan lapangan kerja. Karena tidak semua usulan warga tersebut dapat kami tuntaskan karena keterbatasan anggaran daerah dan kewenangan pemerintah pusat.

“Perjuangan kami untuk kesejahteraan masyarakat tidak akan pernah luntur, jadi saya berharap masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya. (NZ/ tn)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini