Permudah Masyarakat, Pemko Pariaman Lakukan Bazar Pangan Murah Meriah

0
1346

padangtime.com | Pemerintah Kota Pariaman memperbanyak penyelenggaraan pagelaran alias pasar pangan murah guna menekan inflasi akibat kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok dalam beberapa pekan terakhir.

“Sebenarnya, pagelaran dilaksanakan satu kali, namun lantaran ada penugasan dari pemerintah pusat, maka saya minta perbanyak pasar murah,” kata Penjabat Wali Kota Pariaman Roberia di Pariaman, Sumbar, Rabu.

Ia mengatakan lantaran perintah tersebut, setelah melaksanakan pasar pangan murah pada Rabu ini, rencananya berasas pengpetunjukan Pemerintah Provinsi Sumbar, pihaknya bakal melaksanakan aktivitas serupa pada dua minggu menjelang Lebaran 2024.

Selain itu, lanjutnya, Pemkot Pariaman juga menyiapkan anggaran pagelaran pangan murah agar optimal menekan nilai kebutuhan pokok.

“Saya juga mencarikan BTT, biaya tidak terduga. Itu kan dananya Rp1,5 miliar untuk agar masyarakatmampu membeli tepung, beras, minyak dan lainnya dengan murah saat Ramadhan,” katanya.

Menurutnya, jika seluruh kabupaten dan kota di Sumbar melaksanakan pagelaran pangan murah, maka bakal efektif menekan kenaikan nilai kebutuhan pokok di provinsi tersebut.

“Jadi jika Pariaman melaksanakan dua kali, dan wilayah lainnya masing-masing dua kali, maka (bazar pangan murah itu) berpengaruh,” ujarnya.

Sejalan dengan itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman Anilta mengatakan aktivitas pangan murah (GPM) bermaksud memenuhi keterjangkauan masyarakat terhadap bahan pangan pokok dan hasil pertanian.

“Sebelumnya kita sudah melaksanakan GPM dan pagelaran pertanian pada akhir Februari 2024 kemarin, dan sebelum memasuki Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah, kembali kita laksanakan pada hari ini dengan angan dapat menekan nilai beras dan pangan lainnya serta dapat mencegah inflasi di Pariaman,” kata dia.

Harga kebutuhan pokok yang dijual di pagelaran ialah beras kualitas medium per 5 kg dijual Rp57 ribu alias Rp114 ribu per 10 kilogram hingga Rp180 ribu per kilogram. 

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini