PENULIS : SOSMIARTI, SE, M.SI
PadangTIME.com | Program Berkelanjutan Membantu Nagari Membangun Di Nagari Sako Pasia Talang  Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan Melalui Program Nagari Tageh.

Nagari Sako Pasia Talang merupakan nagari pemekaran dari Nagari Sako Pasia Talang yang  dalam perkembangannya masih menghadapi permasalahan dibidang kelembagaan di bidang Kesehatan, Ekonomi, Pendidikan, Pangan, Sosial dan Budaya, Informasi, Bencana, dan Kemanan dan Penyakit Masyarakat.

Untuk itu perlu perencanaan pemetaan partisipatif dan penguatan kelembagaan lokal dalam melaksanakan 8 program nagari tangguh di Nagari Sako Pasia Talang, dengan tujuan : Teridendifikasi potensi, masalah dan langkah-langkah pemberdayaan kelembagaan lokal Nagari dalam mewujudkan Nagari Mandiri, melalui Program Nagari Tageh (Tageh Kesehatan, Ekonomi, Pendidikan, Pangan, Sosial dan Budaya, Informasi, Bencana, dan Kemanan dan Penyakit Masyarakat)

Manfaat  yang diperoleh melalui program ini bagi Pemerintah daerah khususnya Nagari adalah untuk menciptakan Nagari Tageh (Tageh Kesehatan, Ekonomi, Pendidikan, Pangan, Sosial dan Budaya, Informasi, Bencana, dan Kemanan dan Penyakit Masyarakat.

Bagi Universitas dapat Meningkatkan Kinerja Pengabdian Unand melalui Program Pengabdian Dosen Kepada Masyarakat dalam Program Nagari Tageh dan meningkatkan Kinerja Pengabdian Unand melalui Program Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat dalam Program Kampus Merdeka Merdeka Belajar.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini metode dan Tahapan Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan Metode PRA (Participatory Rural Appraisal), yaitu melakukan penguatan dengan pelibatan masyarakat dengan menggunakan beberapa teknik PRA antara lain Mapping, Transect, Venn Diagram, Kajian Sejarah Desa, FGD, Matrik Rangking.

PENETAPAN BATAS WILAYAH DAN PETA NAGARI SAKO PASIA TALANG

Nagari Sako Pasia Talang memiliki 4 jorong, antara lain: Jorong Mudiak Lolo Barat, Mudiak Lolo Timur, Mudiak Lolo Selatan dan Jorong Mudiak Lolo Utara.

Dengan adanya 4 jorong tersebut maka dibuatlah batas-batas wilayah dengan menggunakan peta. Sehingga, terdapat kejelasan disetiap batas wilayah yang ada di Nagari Sako Pasia Talang.

Untuk mengetahui batas-batas wilayah Nagari Sako Pasia Talang dilakukan pembuatan peta wilayah dengan tujuan pemerintah Nagari Sako Pasia Talang dapat meningkatkan pembangunan di Nagari Sako Pasia Talang

Peta wilayah membantu masyarakat Nagari Sako Pasia talang paham mengenai batas2 Nagari mereka dan lokasi ataupun tempat-tempat di Nagari Sako Pasia Talang. Sebelumnya tidak ada peta Nagari yang menjelaskan secara detail jalan ataupun tempat-tempat di Nagari Sako Pasia Talang bahkan di Peta Online

Pembuatan peta nagari merupakan salah satu program kerja dari Bidang Prasarana Fisik KKN PPM terintegrasi MBKM Universitas Andalas angkatan 2022 di Nagari Sako Pasia Talang, Kabupaten Solok-Selatan.

Pembuatan peta wilayah ini didasari karena, peta wilayah yang ada di kantor wali sudah lama dan bentuk peta nya masih sederhana, jadi perlu di perbarui. Pembuatan peta ini menggunakan aplikasi google Earth dan Autocad.

Kelompok sasaran dari bidang prasarana fisik dengan program kerja pembuatan pembuatan peta wilayah Nagari Sako Pasia Talang adlah masyarakat umum.

Pihak yang terlibat dalam program ini adalah mahasiswa KKN MBKM 2022 Universitas Andalas, masyarakat umum, bapak Wali Nagari beserta jarannya dan bapak/ibu Jorong.

Latar Belakang

  1. Program kerja ini dibuat karena belum tersedianya peta Nagari Sako Pasia Talang, yang mana setiap nagari harus memiliki peta daerahnya masing-masing.

  2. Nagari adalah pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Setiap Nagari harus memiliki penetapan perbatasan yang jelas. begitu juga dengan nagari sako pasia talang. Tapi karena tidak adanya peta nagari. Penetapan perbatasan itu menjadi sesuatu yang sering di perdebatkan oleh orang orang di nagari tersebut

  3. Oleh karna itu pembuatan Peta Nagri tersebut biharapkan program ini dapat berguna bagi staff kewalian Nagari Sako Pasia Talang dibidang administratif nagari, untuk mengetahui batas-batas nagari ataupun batas antar jorong serta ikon-ikon yang ada di Nagari Sako Pasia Talang.

Metode Pelaksanaan

  1. Survey

    Pertama yang harus dilakukan untuk menetapkan batas daerah adalah surrvey lokasi. Disinim tim bersama wali nagari dan wali jorong mengunjungi lokasi yang menjadi batas wilayah nagari Sako Pasia talang.

    Batas wilayah ini juga menghadirkan tokoh masyarakat setempat dan juga tokoh masyarakat serta wali nagari tetangga, agar tidak ada kesalahan dalam menetapkan batas wilayah.

    Setelah ada persetujuan bersama baru tim memberi tanda.

    Hal ini kami lakukan untuk batas Barat, Timur, Utara dan Selatan Jadi Survey ini dilakukan guna mengetahui informasi secara jelas berdasarkan dari            sumber masayarakat

  1. oogle Earth Pro, Digunakan untuk menentukan titik koordinat Nagari

  2. AutoCad 2010, Digunakan untuk mendesain peta agar kelihatan lebih menarik

  Hasil survey : Nagari Sako Pasia Talang memilik 4 buah jorong yaitu,

  1. Mudiak Lolo Barat

  2. Mudiak Lolo Timur

  3. Mudiak Lolo Utara

  4. dan Mudiak Lolo Selatan.

Terdapat 2 SD yaitu SD: Negeri 06 Mudiak Lolo dan SD Negeri 14 Mudiak Lolo.
Terdapat 2 posyandu dan 2 masjid lalu terdapat 1 buah TK dan 1 buah sabodam.
(mp)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini