Pemko Pariaman Kerjasama dengan Telkom University

0
219
Padang TIME – Pemerintah Kota Pariaman menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS), tentang “Penerimaan Mahasiswa Baru Bagi Putra Putri Daerah Kota Pariaman Di Universitas Telkom” dimana dalam PKS ini menindaklanjuti MoU (Memorandum Of Understanding) dengan Telkom University (Tel U) sebelumnya, bertempat di Aula Balaikota Pariaman, Jum’at (3/6).
Dalam acara tersebut juga dihadirkan para Mahasiswa asal Kota Pariaman yang lolos pada seleksi dengan sistem Computer Assisted Test (CAT), yang telah dilaksanakan di SMP 1 dan SMP 2 Kota Pariaman pada April 2022 kemaren. Alhamdulillah dari seleksi tersebut, berhasil lolos sebanyak 16 orang, dimana 8 orang yang lolos program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja), dan 8 orang lagi yang lolos jalur mandiri.
Saga Saja ini telah mulai kita laksanakan tahun 2018, dengan jumlah siswa sebanyak 182 orang yang dibantu untuk kuliah pada perguruan tinggi vokasi yang telah bekerjasama dengan Pemko Pariaman,  bahkan generasi pertama Saga Saja ini, sudah 19 orang yang telah diwisuda di tahun 2022 ini, ujar Walikota Pariaman Genius Umar saat menyampaikan kata sambutannya.
“Saya berharap 8 orang yang lolos di Tel U ini, akan mendapatkan banyak kemudahan dan keringanan dari kampus swasta terbaik di indonesia ini. Mudah-mudahan, setelah mereka digembleng selama 3 tahun nanti, mereka mempunyai skill, attitude, karakter dan dapat bersaing dengan pemuda/di lainnya dari seluruh indonesia, sehingga menjadi generasi yang unggul, dan dapat membawa derajat keluarganya menjadi lebih baik lagi”, jelas Genius.
“Dengan keterbatasan anggaran dan PAD Pemko, maka untuk pembiayaan anak-anak yang menerima beasiswa program Saga Saja ini, biayanya tidak hanya ditanggung oleh Pemko Pariaman saja, akan tetapi ini juga merupakan tugas dan tanggung jawab dari kita bersama untuk mendanainya, guna mewujudkan mimpi anak-anak kita yang berasal dari keluarga kurang mampu, untuk dapat terus kuliah sesuai pendidikan yang mereka suka”, ulas Genius.
Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya mengatakan, sangat senang sekali dengan kerjasama ini karena pendidikan tidak hanya bisamembangun Kota Pariaman namun juga membangun Indonesia. Ia juga senang bisa langsung dipertemukan dengan mahasiswa program Sagasaja Kota Pariaman, dan beliau merasa terharu sekali mendengar perjuangan mereka untuk bisa ikut dalam seleksi Tel U.
“Walikota Pariaman tidak salah untuk memilih Tel U sebagai tempat untuk mendidik anak-anak Kota Pariaman demi kemajuan mereka dimasa depan. Kami akan serius mengajar mereka untuk membangun karakter mereka, agar memiliki kemandirian, semangat, dan motivasi. Jangan sia-siakan kesempatan ini, tunjukan kepada anak-anak yang lainnya bahwa Kota Pariaman mampu menyekolahkan anak-anak mereka di universitas terbaik yang ada di Indonesia ini”, ucap Adiwijaya.
Sementara itu salah seorang mahasiswa program saga saja yang lolos seleksi Tel U, Jihan (20 th) dari Desa Naras 1 Kecamatan Pariaman Utara ini menyebutkan dalam wawancaranya dengan Tim Peliput MCP, sangat senang dan bahagia sekali bisa lolos seleksi tersebut.
“Terimakasih saya ucapkan kepada Pemko Pariaman yang telah membantu kami mewujudkan keinginan kami untuk bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, apalagi perguruan tinggi ternama seperti Tel U ini.
Saya janji akan berusaha sekuat tenaga untuk bisa memberikan yang terbaik kepada kedua orang tua dan pemko pariaman, dengan belajar sungguh-sungguh sehingga bisa meraih prestasi yang membanggakan bagi mereka semua”, tutur Jihan dengan mata berkaca-kaca. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini