Pawai Budaya HUT Dharmasraya ke-20 Berlangsung Meriah

0
1866
Kab. Dharmasraya – padangtime.com | Ribuan warga Kabupaten Dharmasraya berbondong-bondong menyaksikan parade budaya yang digelar dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Dharmasraya ke-20.
Masyarakat terlihat berhamburan di sepanjang Jalan Lintas Sumatra, Kecamatan Pulau Punjung, untuk menyaksikan langsung parade budaya dari berbagai daerah, berbagai adat istiadat yang ada di Indonesia. Acara parade budaya ini dilaksanakan pada Selasa (09/01/2024).
Pawai budaya ini merupakan rangkaian penutup seluruh kegiatan yang dilaksanakan untuk memperingati hari jadi daerah pemekaran tahun 2004 ini.
Di panggung kehormatan, tampak Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama Ketua TP PKK, Dewi Sutan Riska. pimpinan dan anggota, Unsur Forkopimda, Sekda Dharmasraya, Adlisman beserta asisten dan kepala OPD, serta tamu undangan lainnya.
Bermula dari komplek Masjid Babussalam Pulau Punjung menuju kantor bupati, ratusan kelompok peserta yang terdiri dari sekolah, OPD, Kecamatan dan Nagari se-Kabupaten Dharmasraya berlomba menampilkan kreasi terbaik di hadapan pengunjung.
Dinas Komunikasi dan Informatika, misalnya menampilkan kostum iring-iringan pernikahan Adityawarman (Majapahit) dengan Putri Dara Jingga (Dharmasraya). Di belakang kostum utama, diiringi peserta dengan kostum baju kurung basiba. Semakin menarik, penampilan Diskominfo juga diiringi musik tradisional Minangkabau, Tambua Tasa.
Tidak hanya Diskominfo, dinas-dinas lainnya juga menampilkan kostum songket kreasi, yang kesemuanya menarik minat pengunjung untuk diajak berswafoto. Tak mau ketinggalan, sekolah se Dharmasraya juga menampilkan kreasi-kreasi unik untuk dinikmati pengunjung. Diantaranya, kostum kreasi dari bahan daur ulang, seperti plastik, daun kering dan koran bekas. Dan menampilkan baju tradisional dari berbagai daerah.
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan terlihat antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Tak lupa Ia juga menyapa para peserta yang menampilkan atraksi di depan panggung kehormatan. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh rakyat Dharmasraya atas dukungan dan partisipasinya dalam menyukseskan rangkaian kegiatan hari jadi Dharmasraya ke 20 Tahun 2024.
Katanya, semua kegiatan yang dilaksanakan dari awal sampai berakhir hari ini diikuti antusias oleh masyarakat setempat. Semua acara hiburan yang disiapkan memang diperuntukkan untuk rakyat Dharmasraya.
“Saya tentunya sangat senang dan bergembira sekali atas suksesnya seluruh rangkaian HUT Kabupaten Dharmasraya yang ke-20. Saya juga mengucapkan ribuan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi menyukseskan seluruh rangkaian kegiatan HUT Kabupaten ke 20. Baik perorangan, swasta, pemerintah daerah, instansi vertikal maupun TNI dan Polri,” tutur Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi).
(*)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini