ads
Padang TIME  – Wali Kota Padang Hendri Septa membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Padang Tahun 2023, di The ZHM Premiere Grand Zuri Hotel, Rabu (23/2/2022).
Hendri Septa mengatakan, Kegiatan Musrenbang RKPD Kota Padang tahun 2023 merupakan amanat UU Nomor 25 tahun 2004 dan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.
“Sesuai dengan amanat undang-undang tersebut, pemerintah daerah wajib menyusun RKPD yang berfungsi sebagai dokumen perencanaan daerah untuk periode satu tahun,” jelasnya.
Hendri Septa menambahkan, Musrenbang RKPD Kota Padang ini harus mampu menjawab isu-isu strategis yang berkembang saat ini di Kota Padang.
Seperti pemulihan ekonomi daerah dan pengendalian Covid-19, penurunan tingkat pengagguran, penciptaan lapangan usaha baru, ketersediaan lahan untuk pembangunan infrastruktur serta menjawab permasalahan lingkungan.
“Untuk itu dibutuhkan sinergi, kolaborasi dan diskusi antara Pemerintah Kota Padang dengan seluruh pemangku kepentingan di Kota Padang. Sehingga terwujud perencanaan yang tepat sasaran sesuai visi-misi Kota Padang,” pungkas Wako Hendri Septa.
Ketua DPRD Kota Padang yang diwakili oleh Ketua Komisi II Jumaidi mengatakan, Musrenbang Kota Padang tidak hanya sekedar agenda rutin sebagai pemenuhan regulasi saja, tapi benar-benar dilaksanakan untuk menghasilkan kebijakan perencanaan pembangunan yang memberi manfaat untuk kesejahteraan rakyat.
Di kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Kota Padang Yenni Yuliza mengatakan, Musrenbang RKPD dilaksanakan untuk menyempurnakan penyusunan RKPD 2023 yang telah dibahas pada Forum Perangkat Daerah beberapa waktu lalu.
“Tujuan dari Musrenbang RKPD ini adalah untuk menyepakati permasalahan pembangunan daerah serta prioritas pembangunan daerah, menerima masukan dalam rangka penyempurnaan agar menjadi rancangan akhir RKPD Kota Padang 2023,” ujarnya.
Di kesempatan itu dilaksanakan pula penandatangan kesepakatan bersama dan perjanjian kerja sama antara Pemerintah Kota Padang dengan pimpinan perguruan tinggi negeri dan swasta di Kota Padang, diantaranya, dengan Universitas Andalas, Universitas Bung Hatta, Universitas Eka Sakti dan Univesitas Muhammadiyah mengenai tri dharma perguruan tinggi.
Dan juga penandatangan kesepakatan bersama dan perjanjian kerja sama antara Bappeda Kota Padang dengan Universitas Dharma Andalas tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan STMIK Indonesia tentang Implementasi Virtual Tour Guide dan Promosi Digital Kampung Tematik. (PT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini