Home Ekonomi Menciptakan Pemasaran Berbasis Pengalaman (EXPERIENTIAL MARKETING) di Nagari  Sikabu Kabu Tanjung Haro Padang...

Menciptakan Pemasaran Berbasis Pengalaman (EXPERIENTIAL MARKETING) di Nagari  Sikabu Kabu Tanjung Haro Padang Panjang

0
Foto Keindahan alam di Sikabu kabu (kiri) dan suasana di Cafe “Bumi Sikabu” (kanan)
Oleh : Dr. Verinita,SE.M.Si (Dosen Fakultas Ekonomi Univ.Andalas)
PadangTIME –
  Nagari  Sikabu kabu Tanjung Haro Padang Panjang (Sitapa) Kecamatan Luak kabupaten Limapuluh Kota dikenal sebagai  nagari wisata berdasarkan Peraturan Bupati Nomer 74 tahun 2020 yaitu mengenai penetapan Kawasan Nagari wisata  dan  Kayu Kolek sebagai salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan  nusantara.
Nagari Sitapa berkembang sebagai nagari wisata tidak terlepas dari peran anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang aktif  mengadakan kegiatan wisata nagari baik berupa   atraksi budaya dan seni mapun atraksi wisata dengan minat khusus seperti mendaki gunung Sago dan camping di camping ground yang disediakan oleh Nagari Sitapa.
Foto Kemasan gula semut kube Onau Manih
Di Jorong Sikabu kabu terdapat pemandangan alam yang indah dengan hamparan sawah  yang memikat mata dengan asupan oksigen segar yang luar biasa. Merupakan  atraksi alam   yang memukau mata dan menentramkan hati.
Tapi keindahan alam yang memukau tidak berasa  lengkap bila wisatawan yang berkunjung ke nagari Sitapa tidak disuguhi dengan pengalaman wisata yang mengesankan melalui aktifitas fisik sekaligus untuk memperpanjang  waktu kunjungan  mereka di daerah wisata ( baca : nagari Sitapa).
Karena berdasarkan konsep  kegiatan wisata yang dikemukakan  oleh Yoeti (1993) ada tiga faktor yang harus diperhatikan dalam mengembangkan destinasi wisata  yaitu harus ada yaitu something to see (terkait dengan atraksi ), something to do (terkait dengan aktiftas wisatawan di daerah wisata) , dan something to buy (terkait dengan oleh oleh atau souvenir  khas yang dapat dibeli oleh wisatawan tersebut saat berada di daerah wisata.
Ketiga hal ini   disuguhkan kepada wisatawan dengan mengemas ketiga hal ini menjadi pengalaman wisata yang  mengesankan bagi wisatawan. Karena itu paket pemasaran dengan menyuguhkan pengalaman yang mengesankan (experiential marketing tourism) menjadi sebuah pilihan agar menjadi destinasi wisata yang memiliki keunikan dan sebagai penciri  dengan destinasi lain dan dapat menjadi keunggulan bersaing juga bagi destinasi tersebut.
Untuk mendukung  wisata berbasis pengalaman maka dapat dikembangkan  pariwisata bidang industri kreatif di bidang  mengolah air nira menjadi gula semut sebagai bentuk diferensiasi produk olahan  air nira yang sebelumnya di olah menjadi gula aren oleh masyarakat Nagari Sitapa.
Diferensiasi produk olahan  air nira dengan hasil  berupa gula  semut akan dikemas dengan kemasan yang atraktif, representative dan higenis. Hasil olahan berupa gula semut akan dijadikan alternative oleh –oleh yang akan dibawa pulang oleh wisatawan.
Proses melihat,  ikut terlibat memasak air nira menjadi gula semut  di tungku produksi milik Kube Onau Mnaih  akan  kemas  sebagai paket wisata yang menarik yang menciptakan pengalaman yang mengesankan di dukung oleh  alam Nagari Sitapa yang indah  Di samping itu permintaan masyarakat terhadap gula semut mulai meningkat seiring dengan konsep gaya hidup sehat yang mereka jalani.
Sehubungan dengan konsep di atas,  melalui kegiatan pengabdian masyarakat dari LPPM Univerisitas Andalas , sedang  dilakukan pendampingan dan pembinaan pada Kube Onau Manih .
Tim dosen pengabdi di ketuai oleh Dr.Verinita,SE.M.Si yang beranggotakan Yossyafra,ST.M.Eng P.hD, Dr.Fuji Astuti Febria,MSc dan Dr. Fery Andrianus,SE.MSi serta  menyertakan  tiga orang  mahasiswa. Kegiatan ini juga menjadi salah satu upaya untuk membantu memasarkan gula semut yang dihasilkan oleh Kube Onau Manih  dan nanti akan diintegrasikan  dengan paket wisata yang dirancang oleh Pokdarwis Nagari Sitapa.
Kegiatan pengabdian ini menjadi kegiatan yang berkelanjutan untuk membantu Kube Onau Manih berkembang sekaligus membangun nagari melalui pemasaran pariwisata nagari dengan konsep menciptakan pengalaman yang mengesankan. Dan rancangan kegiatan ini  mendapat dukungan penuh dari  Walinagari Sitapa, Nofrizal,S.Pd, dan perangkat nagari   serta masyarakat. (by Verinita)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version