Manajemen Konflik yang Tepat untuk Mengatasi Permasalahan Mitra

0
2430

PadangTIME.com – Interaksi antara individu disetiap kelompok setiap hari tentu bisa menghasilkan gesekan yang berujung pada konflik. Mengingat kembalivtujuan yang ingin dicapai oleh kelompok bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi konflik dan mempertahankan kelompok.

Kelompok yang didirikan dengan tujuan mengembangkan bisnis tentu memiliki potensi konflik. Hal ini yang melakarbelakangi tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Andalas mengadakan diskusi interaktif berjudul Memecahkan Permasalahan Mitra melalui Manajemen Konflik yang Tepat bersama kelompok pengrajin Batik Jembatan Akar.

Kegiatan ini merupakan kegiatan kedua dari enam rangkaian kegiatan yang akan dilakukan tim PkM Unand beranggotakan Adila Adisti, SE, M.Ec, dan Chairunnisya, SE, MM. Pengabdian yang dilakukan merupakan bagian dari Skim Program Kemitraan Masyarakat Membantu Usaha Berkembang Universitas Andalas.

Diskusi interaktif yang dilakukan pada hari Jum’at (30 September 2022) berlokasi di Rumah Batik Jembatan Akar. Dihadiri oleh enam pengrajin, kegiatan ini dimulai dengan penyampaian permasalahan yang terjadi pada mitra lalu upaya yang sudah dilakukan untuk mengatasi konflik.

“Setelah mengetahui permasalahan yang terjadi sebelumnya, kita harus bisa mencegah hal yang sama terulang kembali. Penting juga bagi kita untuk mengetahui apa saja faktor yang bisa memicu konflik terjadi” ujar Chairunnisya, SE, MM selaku pemateri pada diskusi kali ini.

Tim PkM Unand juga menyampaikan harapan agar Batik Jembatan Akar terus bisa berkembang dengan mengoptimalkan kerjasama kelompok yang telah terbangun hampir 2 tahun ini.“Batik Jembatan Akar dimulai oleh pengrajin yang sangat bersemangat untuk mengembangkan diri, banyak upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keahlian, oleh karena itu kami sangat berharap pengrajin bisa terus bersama dan meningkatkan kualitas Batik Jembatan Akar.” Lanjutnya.

Penulis: Chairunnisya, SE, MM

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini