Ketua DPRD Sumbar Supardi: Guru Mesti Kuasai Teknologi Digital

0
362

PadangTIME.com – Guru harus mengikuti perkembangan teknologi digital demi kepentingan siswa. Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Sumbar, Supardi saat menjadi narasumber dalam acara Bimbingan Teknologi Digital Bagi Guru se-Kota Payakumbuh, Selasa (18/10) di Bukittinggi.

Supardi mengatakan tak bisa dipungkiri saat ini teknologi digital sudah menjadi bagian dari kebutuhan dan aktivitas keseharian masyarakat, termasuk pelajar. “Melihat perkembangan ini, guru mau tak mau juga harus cakap dalam menggunakan teknologi digital,” ujar Supardi. Sebagai contoh, gadget telah menjadi kebutuhan dalam proses belajar mengajar terutama dalam pembelajaran yang dilaksanakan secara daring. “Perkembangan digital sekarang ini menjadi kebutuhan dari anak-anak kita yang tumbuh di dunia digital,” ujarnya.

Supardi berharap bahwa guru dapat mengimbangi kemajuan teknologi yang dikuasai oleh para pelajar. Guru juga harus mencari solusi yang cerdas untuk menjadikan sekolah sebagai tempat mencari ilmu yang menyenangkan bagi para siswa. Melalui jaringan internet, lanjut dia, banyak ilmu dan pengetahuan yang bisa dijadikan pendukung dalam menyusun materi pembelajaran. Begitu pula dengan penyajiannya, guru bisa memberikan media pembelajaran yang menarik bagi siswa. “Guru harus menyesuaikan diri dengan siswa.

Generasi yang saat ini sangat melek pada teknologi digital, sehingga guru pun harus memiliki kemampuan untuk itu. Jika tidak maka guru akan tertinggal di mata siswa,” ujarnya. Dengan menguasai teknologi digital guru juga bisa memberikan rekomendasi laman yang bisa dikunjungi siswa untuk memperkaya ilmu pengetahuan terkait mata pelajaran tertentu. Selain juga bisa mengawasi siswa baik secara langsung maupun tidak langsung dalam berkelana di dunia internet. Selain itu, menurut Supardi ketika pandemi covid 19 terjadi dulu sistem pembelajaran melalui internet atau daring dilakukan.

Sementara di lain sisi masih banyak guru yang belum cakap menggunakan fasilitas tersebut. “Tidak tertutup kemungkinan sistem pembelajaran secara daring akan dilakukan lagi untuk keperluan tertentu. Oleh karena itulah guru harus bersiap dan mencakapakan diri dalam menggunakan teknologi digital,” ujarnya. Melalui acara bimbingan teknis digital yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Sumbar ini diharapkan para guru yang menjadi peserta acara bisa mengimbangi kemajuan teknologi digital serta mencari solusi dalam permasalahan yang ada untuk meningkatkan rasa nyaman siswa di sekolah.(tn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini