401.408 ekor Benih Lobster Dilepas Di Pantai Pesisir Selatan

0
175
PadangTIME.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan RI (KKP), melepaskan 401.408 ekor benih bening lobster atau benur di Pantai Marapalam, Nagari Sungai Pinang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat
Pelepasan benur itu terdiri dari 393.570 ekor benih lobster jenis pasir dan 7.838 ekor benih lobster jenis Mutiara. Benur tersebut dikemas dalam 2.016 kantong plastik beroksigen dan dibagi kedalam 78 box styrofoam pada Rabu (20/1)pekan lalu.
Pelepasliaran ini dilaksanakan oleh BKIPM Jambi, Satwas PSDKP Kuala Tungkal, Polres Tanjung Jabung Barat, Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat,  BPSPL Padang, Satwas PSDKP Padang, BKIPM Padang dan Politeknik AUP Padang.
Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Rina Minggu(24/1) mengatakan pelepasliaran benih lobster ini sesuai dengan aturan yang berlaku yakni Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan nomor 12/PERMEN-KP/2020.
Dalam pelepasliaran ini, BKIPM berkoodinasi dengan Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) melalui Unit Pengelola Teknis (UPT) ditugaskan untuk menentukan lokasi dan tata cara pelepasliaran lobster.
“Untuk lokasi pelepasliaran, kita koordinasi dengan Ditjen PRL untuk menentukan lokasinya. Akhirnya terpilih di Kabupaten Pesisir Selatan yang memang sesuai sebagai habitat lobster,” tandasnya.
Sementara itu, Kepala BPSPL Padang, Mudatstsir, menyampaikan pemilihan lokasi pelepasliaran merupakan keputusan bersama tim gabungan.
“Pemilihan lokasi telah mempertimbangkan kondisi terumbu karang Sungai Pinang yang baik. Pada lokasi yang dimaksud juga ditemukan individu lobster sehingga dinilai sesuai untuk habitat tumbuh kembang BBL,”ujarnya
Walinagari Sungai Pinang Azli Minggu(24/1) mengapresiasi telah menjadi nagari Sungai Pinang menjadi lokasi pelepasan benur tersebut dengan harapan benur itu bisa berkembang biak dengan baik dilautan.. Dan nantinya ini bisa menjadi sumber ekonomi bagi nelayan jika nanti sudah berkembang biak.
“Kita berharap benur yang dilepas ini bisa tumbuh kembang dengan baik dan kedepannya bisa menjadi sumber ekonomi nelayan,”ujarnya. (nz)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here