Kegiatan Pendampingan SMK Pusat Keunggulan tahun 2022 oleh Program Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas

0
507

Oleh : Dr. Rita Rahayu, SE, MSi, AK, CA, CRA, CRP, Koordinator Program Diploma               III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas

PadangTIME.com – Program Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas untuk yang ke dua kali nya terpilih sebagai Perguruan Tinggi Pendamping untuk kegiatan SMK PK (Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan)

SMK Pusat Keunggulan ini merupakan sebuah program unggulan yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi sejak tahun 2021 lalu. Proram ini merupakan sebuah program yang bertujuan untuk membantu SMK dalam meningkatkan kualitas pembelajaran agar dapat menyiapkan lulusan yang siap pakai sehingga dapat terserap di dunia kerja. Dengan peningkatan kualitas ini, diharapkan SMK Pusat Keunggulan ini dapat menjadi role model dan juga dapat menularkan semangat pada SMK lainnya.

Ditahun 2021 lalu sebanyak 901 Sekolah Menengah Kejuruan terpilih untuk menjadi SMK Pusat Keunggulan ini. Di tahun 2022 ini, jumlah SMK yang terpilih menjadi SMK PK ini meningkat menjadi 1.402 SMK yang tersebear di seluruh Indonesia. Adapun bidang yang menjadi target keunggulan untuk tahun 2022 ini adalah Permesinan dan Konstruksi, yang terdiri dari Bidang Teknologi Konstruksi dan Properti dan Bidang Teknologi Manufaktur dan Rekayasa;  Hospitality yang terdiri dari bidang pariwisata; Ekonomi Kreatif yang terdiri dari Bidang Seni dan Ekonomi Kreatif dan Bidang Teknologi Informasi;  Pekerja Migran yang terdiri dari bidang Kesehatan dan Pekerja Sosial; Kerjasama Luar Negeri yang terdiri dari bidang Energi dan Pertambangan; dan bidang lainnya yaitu bidang agribisnis dan agriteknologi dan bidang Kemaritiman.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Dirjen Dikti menunjuk beberapa Perguruan Tinggi sebagai pendamping kegiatan SMK PK ini. Penunjukan perguruan tinggi untuk mendampingi SMK Pusat Keunggulan ini karena memang secara praktik tentunya perguruan tinggi memiliki banyak pengalaman terkait dengan proses pembelajaran, disamping itu perguruan tinggi tentunya juga telah memiliki network yang lebih luas dengan dunia usaha dan dunia industry, sehingga dengan network ini perguruan tinggi dapat dengan mudah membantu SMK tersebut untuk membuat kerjasama dan bermitra dengan dunia usaha dan dunia industry (DUDI) tersebut. Selain itu, Perguruan Tinggi juga dapar membantu SMK untuk mengembangkan kepakaran dan kompetensi guru serta dapat menularkan praktik baik yang telah dilaksanakan di Perguruan Tinggi tersebut.

Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri besar di Sumatera, Universitas Andalas di mendapatkan kepercaayaan ditunjuk sebagai Perguruan Tinggi pendamping. Penunjukan UNAND sebagai PT pendamping ini adalah yang kedua kalinya, dimana pada tahun 2021 lalu Universitas Andalas melalui Program Diploma III juga terpilih menjadi salah satu PT Pendamping. Di tahun 2022 ini UNAND dipercaya mendampingi 3 SMK yang terletak di luar Sumatera Barat, yaitu SMKN 1 Pagaran Tapanuli Utara Sumatera Utara; SMK Swasta SPP SNAKMA Muhammadiyah Tanjung Anom Sumatera Utara; dan SMKN Tanjungpandan.

Tim ini diketuai oleh Dr. Rita Rahayu, SE, MSI, AK, CA, CRA, CRP dan beranggotakan 10 orang ini telah mulai melakukan kegiatan pendampingannya sejak bulan September yang lalu. Dalam kegiatan ini, PT pendamping bertugas untuk melakukan beberapa kegiatan, salah satunya adalah berkoordinasi dengan Dinas terkait dan juga mitra DUDI, serta mendampingi kepala sekolah dalam pencapaian IKU 8 + i, yang terdiri dari kurikulum yang disusun berasama dengan DUDI, pembelajran berbasis project riil, jumlah guru/instruktur dari DUDI, praktik kerja lapangan, sertifikasi kompetensi, update teknologi dan pelatihan bagi guru/instruktur, riset terapan mendukung teaching factory dan komitmen serapan oleh dunia kerja.

Kegiatan ini tentunya diharapkan dapat berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil sesuai yang ditargetkan. Diharapkan akan lebih banyak juga SMK di Sumatera Barat ini yang akan terpilih menjadi SMK Pusat Keunggulan ini. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini