Kebakaran Hutan dan Lahan di Silaut Sudah Padam

0
747
Padang TIME | Kondisi Kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla) di Kampung Jenjang Nagari Silaut Kecamatan Silaut Kabupaten Pesisir Selatan yang dilaporkan terbakar sejak Selasa ( 23/05), hari ini api sudah mulai mengaku padam.
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pessel, Defriswardi mengatakan pada hari ini Minggu (28/05) laporan terakhir dari petugas di lapangan kondisi api sudah padam.
“Sebelumnya ada sekitar 5 titik api sejak mulai peristiwa kebakaran, tim gabungan berjibaku memadamkan api setiap hari, hingga hari ini kondisi api sudah jauh berkurang, tapi asap bekas api yang baru dipadamkan masih mengepul,” ucapnya.
Lebih lanjut dijelaskan, hingga hari ini Tim Reaksi Cepat (TRC) bersama tim gabungan masih terus mematikan api.
“Lebih kurang 120 hektar lahan terbakar sejak 5 hari terakhir ini, semoga hari ini semua bisa dipadamkan,” ujarnya.
Sementara Kapolsek Lunang Silaut l, AKP. Advianus ketika dihubungi wartawan mengatakan hingga kini petugas gabungan masih berjibaku memadamkan sisa titik api, sekarang semua hampir padam. “Semoga kalau tidak ada kendala lain, hari ini semua bisa dipadamkan,” ucapnya.
Selanjutnya diminta melakukan penyelidikan terkait siapa pemilik tanah tersebut, dari hasil sementara saat ini belum ada yang mengakui atas kepemilikan tanah tersebut.
“Karena hutan yang terbakar adalah hutan HPK yang masih milik negara dan belum diberikan kepada siapapun, makanya menjadi salah satu kendala dalam proses penyelidikan, namun kami nanti pasti akan bekerja sama dengan dinas tembak mengenai status hutan tersebut untuk kelanjutan prosesnya,” ujarnya.
 (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini