Genius Umar Audiensi tentang Desa dengan Kemendagri RI Dan Kementrian PDTT RI

0
249
PadangTIME.com | Wali Kota Pariaman Genius Umar audiensi dan berdiskusi tentang Desa dengan  dua kementerian, Dirjen PDP (Pembangunan Desa dan Perdesaan),  Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI, Sugito, dan Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa, Kemendagri RI, TB Chaerul Dwi Sapta, di Jakarta, senin (5/9).
Kompleksitas persoalan didesa, menjadi perhatian khusus bagi Genius, agar pembangunan khususnya di desa, tercapai secara maksimal.
Didampingi Kadis DPMD, Hendri, Camat dan Ketua BPD se- Kota Pariaman ke dua lembaga kementerian tersebut, yaitu Kemendagri dan Kemendes PDTT.
Perlu peningkatan pengetahuan dan pemahaman dikalangan BPD dalam menjalankan fungsi legislatif di desa, agar dapat mengawal jalannya roda pemerintahan di desa.
Dirjen PDP Kemendes PDTT,  Sugito berpesan kepada seluruh ketua BPD dari Kota Pariaman, agar terus menjaga harmonisasi dengan pemerintah desa.
Genius menuturkan, kucuran dana desa dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, merupakan stimulan bagi desa agar bisa mandiri dan dana desa ini harus dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.
Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa, Kemendagri, TB Chaerul Dwi Sapta juga menyampaikan PERAN penting BPD dalam roda pemerintahan di desa.
“Hukum dan pengelolaan keuangan didesa ditentukan oleh BPD, karena BPD mempunyai tugas mengawasi dan meminta keterangan tentang penyelenggaraan Pemerintahan Desa, serta menyatakan pendapat atas penyelenggaraan Pemerintahan, pelaksanaan Pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat desa,” jelasnya.
pesan beliau, pembangunan di desa tidak bisa dilakukan sendiri. Keterlibatan desa-desa sekitar maupun desa yang saling berkaitan juga dibutuhkan.
Oleh karena itu, perlu adanya kerjasama antar desa.
(pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini