DPRD Padang Paripurna Pemilihan Wawako Padang Ekos Albar jadi Wawako Padang sisa Masa Jabatan periode 2019-2024

0
514

5 April 2023

PadangTIME.com Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang menggelar paripurna pemilihan Wakil Wali Kota (Wawako) Padang sisa masa jabatan periode 2019-2024, Rabu (5/4/2023).

Pemilihan Wawako Padang dibuka oleh Ketua DPRD Padang Syafrial Kani, tidak tampak kehadiran Wali Kota Padang Hendri Septa.Hanya tampak Sekretaris Daerah (Sekda) Padang Andree Algamar, beserta jajaran Pemko Padang lainnya.

Rapat paripurna istimewa tersebut dipimpin Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani didampingi para Wakil Ketua dan Sekretaris DPRD Hendrizal Azhar.

Sebanyak 45 orang anggota DPRD Kota Padang ikut memberikan suaranya dalam pemilihan wakil walikota yang terbuka untuk umum.Calon Wawako Padang Ekos Albar dari PAN dan Hendri Susanto dari PKS akan dipilih oleh anggota DPRD Padang dengan skema voting tertutup di Gedung DPRD Kota Padang.

Terkait jabatan Wakil Wali Kota Padang memang sempat kosong sejak ditinggalkan Hendri Septa yang dilantik menjadi Wali Kota Padang pada 7 April 2021. Hendri Septa mengisi posisi yang ditinggalkan Mahyeldi Wali Kota sebelumnya yang dilantik sebagai Gubernur Sumbar periode 2021-2024.Dari 45 anggota DPRD Kota Padang, 36 suara ditujukan kepada Ekos, sementara Hendri Susanto meraup 9 suara.

Terpilih Sebagai Wawako Padang Sisa Masa Jabatan 2019-2024Teka-teki siapa yang akan menjabat Wakil Wali Kota Padang yang sempat kosong selama dua tahun terakhir kini terjawab sudah.

24 itu pun diadakan dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Padang, Rabu (5/4/2023) sore.

Dari hasil pemilihan Ekos pun mampu unggul secara signifikan dari pesaingnya Hendri Susanto selaku utusan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani usai membacakan berita acara hasil pemilihan mengatakan, dengan terisinya jabatan Wakil Wali Kota Padang yang kosong sejak 7 April 2021 itu diharapkan semakin meningkatkan kinerja Pemko Padang ke depan.

Ia juga berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada panitia pemilihan Wakil Wali Kota Padang yang telah bekerja keras melaksanakan semua tahapan pemilihan.

Tampak satu kotak suara ditengah ruangan. Kontak suara bewarna putih tersebut tampak dikunci dengan gembok.
Pemilihan yang semula dijadwal pukul 14.00 molor menjadi 14.20, yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama.

DPRD Kota Padang selanjutnya akan menyiapkan hal-hal administratif untuk pelantikan Wakil Wali Kota Padang. Berkas-berkas administratif akan diusulkan untuk segera dibuatkan surat keputusan (SK) oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Sumatera Barat.

”Kita harapkan SK pelantikan segera keluar, dan pelantikan Wakil Wali Kota Padang untuk sisa masa jabatan 2019-2024 ini dapat dilakukan oleh bapak Gubernur Sumbar sesegera mungkin,” harap Syafrial.

Ekos Albar mengaku siap mendukung penuh Wali Kota Padang dalam menjalankan sisa masa jabatannya.

“Insya Allah saya akan berjuang membantu Pak Wali dan Pemko Padang untuk mewujudkan visi dan misi Kota Padang serta 11 program unggulan (progul) bagi masyarakat Kota Padang. Untuk mewujudkan itu semua juga tidak terlepas dari dukungan legislatif tentunya,” ujar pria kelahiran 26 Agustus 1971 Batusangkar itu. Pada saat yang sama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Andree Algamar mengaku menyambut baik telah terisinya jabatan Wakil Wali Kota Padang.

“Keberadaan Wakil Wali Kota sangat penting karena akan memperkuat dan menambah semangat Pemko Padang dalam melayani kebutuhan masyarakat dan memajukan pembangunan di Kota Padang secara optimal,” tukuk Sekda mewakili Wali Kota Padang di kesempatan itu.


Kedua calon Wawako Padang juga tampak hadir. Ekos Albar dan Hendri Susanto tampak duduk berdamping pada sisi kiri ruangan DPRD Padang.
.

Mudahan-mudahan lengkap seterusnya,” ujar Syafrial Kani.Setelah dilakukan penghitungan suara Ekos Albar berhasil memperoleh 36 suara sedangkan Hendri meraih 9 suara. Dengan demikian Ekos Albar terpilih menjadi wakil walikota Padang sisa jabatan 2019-2024 (nl)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini