DPRD Kota Padang Tinjau Perkembangan Smart City di Kota Pariaman

0
725
ads
Padang TIME – Meninjau perkembangan program Smart City di Kota Pariaman, DPRD Kota Padang melakukan kunjungan ke Dinas Kominfo Kota Pariaman, Selasa (12/4).
Kunjungan DPRD kota Padang diterima oleh sekretaris Dinas Kominfo Kota Pariaman Erpan Sayuti yang didampingi oleh Kabid E-Gove Eka Putra Pernanda, Kabid Statistik Nofrizalnur dan Kabid IKP Dinas Kominfo Kota Pariaman Elfadri, bertempat di ruang rapat BAPPEDA Kota Pariaman.
“Kota cerdas (Smart City) merupakan sebuah visi pengembangan perkotaan untuk mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi beserta teknologi internet untuk segala dengan cara yang aman untuk mengelola aset kota.
Mewujudkan pemerintahan yang handal dan prima untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasiskan Smart City adalah misi Kota Pariaman dibawah kepemimpinan  Genius Umar dan  Mardison Mahyuddin, “ ungkap Sekretaris Dinas Kominfo Kota Pariaman Erpan Sayuti.
Mendukung suksesnya program smart city, Kota pariaman mempunyai beberapa potensi yang dimiliki. Diantaranya letak wilayah yang strategis, telah tersedianya jaringan fiber optik (FO) mencakup seluruh wilayah kota pariaman ( PT. TELKOM ), memiliki infrastruktur jaringan 4g/3g 90 % diseluruh wilayah kota pariaman ( operator selular di kota pariaman : TELKOMSEL, SMARTFREN, TRI DAN XL ), merupakan wilayah destinasi wisata pantai di sumatera dan tersedianya sdm it ( programmer, IT support, teknisi jaringan dan tenaga digital grafis ).
Ia menambahkan, Kota Pariaman melaksanakan layanan tata pemerintahan yang cerdas (smart governance), tata pemasaran cerdas (smart economy), tata kehidupan cerdas (smart living), tata masyarakat cerdas (smart society) dan tata lingkungan cerdas (smart environment).
“Diantara beberapa potensi yang kita miliki, Kota Pariaman juga mempunyai beberapa kendala dalam pembangunan Smart City, namun semua kendala sudah kita carikan solusinya. Semoga saja program Smart City untuk tahun berikutnya bisa terlaksana dengan sebaiknya, “ harapnya.
Sementara itu Ketua Komisi I Bidang Pemerintahan sekaligus Ketua rombongan pada kunjungan DPRD kota Padang ke Dinas Kominfo Kota Pariaman Djunaidi Hendry usai kunjungan mengucapkan terima kasih atas sambutan dan informasi yang telah diberikan Dinas Kominfo Kota Pariaman terkait Smart City di Kota Pariaman.
Menarik perhatian DPRD Kota Padang terhadap Smart City di Kota Pariaman, khususnya Smart Governance. Ia menambahkan bahwa kami lebih mendalami inovasi Smart Governance di Kota Pariaman.
Hal ini kami lakukan agar dapat mengetahui bagaiman Pemko Pariaman memberikan layanan terhadap masyarakat didunia digital.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini