Dibuka Waka Binamuda Kwarda Sumbar, LT III Kwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman dimulai

0
592

Dibuka Waka Binamuda (Wakil Ketua Pembinaan Anggota Muda) Kwarda Sumbar (Kwartir Daerah Sumatera Barat), LT (Lomba Tingkat) III Penggalang, Kwarcab (Kwartir Cabang) 16 Pramuka Kota Pariaman dimulai. Bertempat di Lapangan Merdeka Kota Pariaman, Jum’at (17/3/2023).

Waka Binamuda Kwarda Sumbar, Kak Lithos, juga bertindak sebagai pembina upacara pada pembukaan LT III ini, dan dihadiri oleh Rombongan Kwarda Sumbar, Andalan Kwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman, Kamabigus, Pelatih dan Peserta, serta Panitia yang merupakan Pengurus DKC Kwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman.

LT III merupakan pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perlombaan baik beregu maupun perorangan, dalam satu regu penggalang, yang dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari Lomba Tingkat 1 sampai Lomba Tingkat 5.

“Lomba ini nantinya akan mencari regu berprestasi tinggi baik putra dan putri, untuk mewakili Kota Pariaman dalam Lomba Tingkat IV Kwarda Provinsi Sumatera Barat,  yang akan dilaksanakan pada bulan Mei 2023 di Bumi Perkemahan Padang Besi, Padang,” ujar Kak Lithos.

Lebih lanjut Waka Binamuda Kwarda Sumbar ini mengatakan, Gerakan Pramuka adalah tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya, ucapnya.

“Pramuka membentuk remaja yang aktif, kreatif dan energik, dan dapat menjauhkan kita dari kegiatan yang tidak bermanfaat. Mari kita ajak rekan-rekan kalian untuk mengisi kegiatan dan waktu luangnya diluar jam sekolah, dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat yang dapat dijadikan sebagai bekal, ketika kita dewasa kelak,” tutupnya

Sementara itu, Sekretaris Kwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman, Kak Riky Falantino mengatakan bahwa kegiatan LT III ini akan berlangsung mulai tanggal 17 – 19 Maret 2023, bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik dalam rangka menyadari akan nilai edukatif kegiatan Gerakan Pramuka, dan membina ukhuwah silaturrahim antar anggota Pramuka golongan penggalang.

“LT III ini diikuti sebanyak 208 Peserta, yang terdiri dari 13 Gudep (Gugus Depan) Sekolah SMP se derajat, dimana setiap utusan Gudep mengirimkan peserta 8 putra dan 8 Putri, dan berpusat di Taman Ayunan Pantai Kata, Kelurahan Karan Aur, Kecamatan Pariaman Tengah,” ungkapnya.

Kak Riky menjelaskan bahwa ini merupakan sebuah seleksi untuk diutus ke tingkat Provinsi, yakni tingkat Kwarda atau tingkat IV yang diadakan oleh Kwarda Provinsi Sumatera Barat, dan diharapkan Regu dari Kwarcab Kota Pariaman ini, dapat mewakili untuk mengikuti LT V, yang dilaksanakan oleh Kwarnas, yang akan diadakan pada 17-23 Juni 2023, di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, ucapnya.

“LT III ini juga merupakan tempat menguji kemampuan adik-adik Penggalang dalam menerapkan ilmu kepramukaan dan kemampuan adik-adik penggalang, dan kita di Kwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman akan mengadakan lomba-lomba, seperti Lomba Hasta Karya, Lomba Melukis, Lomba Reportase, Lomba Administrasi Regu, Lomba Penjelajahan (Packing, Semboyan & Isyarat, Menaksir, Sketsa Panorama, Peta Pita dan Kompas, Halang Rintang, P3K, Bivac), Lomba Pionerring, Lomba Pidato, Lomba PBB dan Lomba Senam Pramuka,” terangnya.

Lebih lanjut Kak Riky menuturkan bahwa Regu yang terbaik dalam LT III ini, baik Putra ataupun Putri, akan mewakili Kwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman ketingkat Provinsi ataupun tingkat Nasional nantinya. Untuk itu, ikutilah  Lomba ini dengan gembira, dan penuh semangat dengan menjunjung nilai-nilai sportifitas, ulasnya mengakhiri. (J)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini