AYO MEMBACA !!

BERITA TERBARU

Rapat Pripurna DPRD Padang, Walikota Sampaikan Laporan Pertanggunjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023

30 April  2024
PadangTIME, com-  Rapat Paripurna DPRD Kota Padang Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Padang H. Syafrial Kani, SH., didampingi Wakil Ketua Arnedi Yarmen, S.Pd., Sekretaris DPRD Kota Padang H. Hendrizal Azhar, SH., MM., dan segenap anggota DPRD Kota Padang.
Wakil Walikota H. Ekos Albar, didampingi Sekretaris Daerah Kota DR. H. Andree Harmadi Algamar, S.STP., MSi., M.Han. Hadir juga unsur Forkopimda, para Asisten dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Padang serta para undangan lainnya.
Rapat paripurna dengan agenda penyampaian secara resmi oleh Walikota Padang tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2023, Selasa, 30 April 2024, bertempat di Lt. 2 Gedung Baru DPRD Kota Padang jalan Bagindo Aziz Chan No.1 Kelurahan Sungai Sapih Kecamatan Kuranji Kota Padang .
Wakil Walikota Padang H. Ekos Albar menyampaikan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Padang tahun 2023. Terkait pendapatan, jelas Wawako, anggaran tahun 2023, target pendapatan Pemerintah Kota Padang sebesar 2,43 trilyun rupiah dan telah dapat direalisasikan sebesar 2 ,31 trilyun rupiah atau sebesar 95,01% yang terdiri dari pendapatan asli daerah (PAD).PAD tahun anggaran 2023 ditargetkan sebesar 729,91 miliar rupiah sedangkan realisasinya sebesar 658,74 miliar rupiah atau 90,25%.
“Alhamdulillah LKPD Kota Padang TA 2023 yang diperiksa BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat kembali berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Capaian ini adalah yang kesebelas diraih Kota Padang, sepuluh kali berturut-turut,” ungkap Ekos Albar disambut tepuk tangan oleh pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang saat itu.
Ekos Albar juga menyampaikan beberapa poin penting terkait prestasi dan komitmen Pemko Padang, di antaranya, Penyaluran bantuan sosial tepat sasaran.
“Pemko Padang terus berupaya menyalurkan bantuan sosial (bansos) tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan,” terangnya.
Peningkatan kualitas infrastruktur, dimana berbagai infrastruktur di Kota Padang terus diperbaiki dan ditingkatkan, seperti jalan, jembatan, dan drainase.
Dijelaskan  Akos Akbar Pengembangan pariwisata Pemko Padang fokus mengembangkan sektor pariwisata sebagai salah satu sumber pendapatan daerah.
“Kita juga melakukan Peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan. Pemko Padang berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat,” paparnya.
Ekos Albar berharap Nota Keuangan Pengantar Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023 dapat dibahas dan diproses sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Ia juga membuka diri untuk menerima berbagai saran dan masukan konstruktif demi penyempurnaan laporan keuangan dan kemajuan Kota Padang di masa depan.
“Kita tentu berharap, Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2023 ini dapat disempurnakan sebelum ditetapkan menjadi Perda nantinya,” pungkas Ekos Albar mengakhiri. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini