Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar Melauncing Inovasi Poskesri Prima dan Inovasi Rang Pasisie

0
253

PadangTIME.com – Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar melauncing Inovasi Poskesri Prima dan Inovasi Rang Pasisie di UPT Puskesmas Balai Salasa, Selasa 17 Oktober 2023.

Turut dihadiri oleh, Kepala dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Kepala OPD, Kepala Puskesmas Sekabupaten Pessel dan Forkopimca Kecamatan Ranah Pesisir.

Rusma Yul Anwar mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dalam Visinya Yaitu Mewujudkan Pesisir Selatan lebih sejahtera, maju dan bermantabat didukung pemerintahan yang akuntabel dan Profesional.

“Lebih Lanjut Rusma Yul Anwar  menjelaskan Pemerintah Daerah senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang salah satunya adalah peningkatan akses pelayanan kehidupan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar termasuk bidang kesehatan”, terang Bupati.

“Salah satu pilar utamanya Transportasi sistem kesehatan bertujuan untuk mendekatkan layanan Promotif Preventif berkualitas ke masyarakat”, katanya.

“Fokus pada siklus sebagai sasaran pelayanan kesehatan seperti Ibu hamil, pasca bersalin nifas, bayi dan balita, usia Produktif dan lansia,” jelasnya.

Kabupaten Pesisir Selatan memiliki 21 Puskesmas, 82 Unit Pustu dan 242 Unit Poskesri yang tersebar 182 Nagari yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan, yang akan dijadikan sebagai Poskesri Prima yang akan memberikan layanan sesuai dengan siklus kehidupan.

Dalam rangka memenuhi dan mendukung kebutuhan tersebut maka Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan melalui dinas kesehatan meluncurkan 2 Inovasi yaitu Poskesri dan Rang Pasisie (Rangkul dan Angkut Pasien-pasien Emergensy)

“Bentuk inovasi yaitu dengan melakukan integrasi satu layanan kesehatan terpadu dengan mendayagunakan potensi Poskesri sebagai Poskesri prima yang memberikan pelayanan kesehatan dasar sesuai potensi nagari”, ucapnya.

Inovasi Rang Pasisie bertujuan untuk mendekatkan pelayanam kesehatan melalui jejaring hingga tingkat nagari dan dusun.“Demi memperkuatkan pemantauan wilayah setempat”, tambahnya.

“Semoga dengan pembentukan kedua Inovasi ini dapat meningkatkan kesejahteraan dan derajat kesehatan masyarakat yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan”, tutupnya. (pt)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini