BNPB Pusat Salurkan Bantuan Dana Penanganan Banjir di Pesisir Selatan

0
554

Padang TIME | Direktur Kedaruratan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, Dr. Rustian menyerahkan dana DSP (Dana Siap Pakai) sebesar Rp. 250 juta untuk penanganan bencana banjir di Kabupaten Pesisir Selatan kepada Bupati Rusma Yul Anwar, Rabu (25/1) di Painan.

Bupati Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan apresiasi dan berterima kasih atas bantuan dari BNPB Pusat.

“Dana ini akan kita pergunakan untuk penanganan bencana banjir yang melanda Kabupaten Pesisir Selatan. Kita juga berharap kepada masyarakat yang terkena bencana banjir agar segera bangkit untuk menata kehidupan yang lebih baik. Ini adalah ujian bagi kita, dan agar kita selalu bersabar,” ajak bupati.

Direktur Kedaruratan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, Dr. Rustian menegaskan, begitu dapat laporan tentang peristiwa banjir di Kabupaten Pesisir Selatan, BNPB langsung merespon dengan menerjunkan tim ke lapangan.
“Selain meninjau lokasi bencana banjir di Kabupaten Pesisir Selatan, kami dari BNPB juga menyalurkan bantuan dana DSP untuk penanganan bencana banjir kepada Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar. Kami berharap agar dana itu segera dimanfaatkan sesuai aturan yang ada,” pintanya.
Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten Pesisir Selatan, Doni Gusrizal mengatakan
akibat curah hujan tinggi pada tanggal 23 Januari  2023
telah terjadi banjir di 6 kecamatan yaitu
Koto XI Tarusan, Bayang, IV Jurai, Batang Kapas, Sutera dan Basa Ampek Balai Tapan.
Disebutkan, sebanyak 2500 unit rumah terendam dan 2 titik longsor serta merusak sejumlah insfratruktur seperti ruas jalan.
Setelah BPBD Kabupaten Pesisir Selatan melaporkan ke BNPB Pusat  dengan disertai status tanggap darurat, maka  tanggal 25 Januari 2023, BNPB langsung menurunkan timnya ke Kabupaten Pesisir Selatan.
“Tim BNPB Pusat itu dipimpin langsung oleh Direktur Kedaruratan BNPB, Dr. Rustian  untuk melakukan tinjauan lapangan dan sekaligus menyerahkan dana DSP (Dana Siap Pakai) kepada Bupati Pesisir  Selatan, Rusma Yul Anwar sebesar Rp. 250 juta yang dipergunakan untuk penanganan bencana banjir,” ungkapnya. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini