Bupati Pesisir Selatan Minta PDAM Tirta Langkisau maksimal distribusi Air Bersih Ke Masyarakat

813

PadangTIME.com – Pesisir Selatan, – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Langkisau Kabupaten Pesisir Selatan diminta memaksimalkan pendistribusian air bersih untuk masyarakat dikala pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan Bupati Pesisir Selatan, H.Hendrajoni, SH, MH, Senin (13/4) di Painan.

Saat ini, pasokan air bersih yang cukup sangat dibutuhkan masyarakat. Dimana, masyarakat harus sering mencuci tangan dengan air mengalir untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Ya, salah satu upaya untuk mencegah penyebaran Covid 19 adalah rajin mencuci tangan dengan air mengalir. Kini, upaya itu telah dilakukan masyarakat, dan tentunya pasokan air harus selalu terjaga oleh PDAM,” ingatnya.

Selain secara kuantitas, PDAM juga diminta meningkatkan kualitas air yang didistribusikan ke masyarakat tersebut. Hal itu menyangkut kesehatan masyarakat agar tetap terpelihara.

“Soalnya, kesehatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 harus menjadi perhatian semua pihak. Melawan Covid 19, maka kesehatan harus ditingkatkan,” kata bupati.

Selain itu, ketersediaan air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat mesti ditingkatkan kedepan. Sedangkan pemakaian teknologi tepat guna dari lembaga terkait untuk pengolahan air tanah selama ini menjadi inovasi yang perlu ditumbuhkan kembangkan, terutama di nagari-nagari yang belum dapat dijangkau jaringan PDAM.

Kebutuhan air bersih untuk konsumsi masyarakat disamping disediakan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), juga diharapkan keterlibatan lembaga terkait dan stakeholder lainnya dalam konteks inovasi.

“Saat ini, persoalan ketersediaan bersih untuk masyarakat menjadi perhatian serius pemerintah dan pihak terkait. Sebab, air bersih salah satu indikator peningkatan kualitas kesehatan masyarakat,” ucapnya.

Diharapkan melalui program-program penyediaan air bersih untuk konsumsi masyarakat, maka kebutuhan air bersih tersebut dapat terpenuhi baik untuk masyarakat yang bermukim di wilayah perkotaan maupun perdesaan,” jelasnya.

Sementara Direktur PDAM Pesisir Selatan, Gusdan Yuwelmi, S.STP mengatakan, pihaknya terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, terutama ketika pandemi Covid 19 saat ini.

“Pendistribusian air bersih memang harus dilakukan secara maksimal, terutama saat pandemi Covid 19 saat ini. Masyarakat membutuhkan air bersih setiap saat untuk mencuci tangan di air mengalir,” ucapnya. (Pt/KO-PS)

Balang

LEAVE A REPLY

− 1 = 2