Wisuda Periode ke 122 UNP pada hari ke- 2 Wagub Sumbar Beri Orasi Ilmiah

0
436

Padang TIME.com РWisuda pada hari pertama, pada wisuda Universitas Negeri Padang hari kedua yang digelar  pada Jumat (19/3), hadir Wakil Gubernur Sumatera Barat Ir. Audy Joinaldy, S.Pt., M.Sc., M.M., IPM., Asean Eng. menyampaikan orasi ilmiah yang bertempat di Auditorium Kampus UNP Air Tawar Padang.

bebi

Audy Joinaldy mengakui senang menuntut ilmu sehingga saya berkuliah beberapa kali dengan beberapa almamater dan kini sedang menyelesaikan pendidikan doktor IPB Bogor,” jelas Wakil Gubernur Sumatera Barat Ir. Audy Joinaldy, S.Pt., M.Sc., M.M., IPM., Asean Eng.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Ir. Audy Joinaldy, S.Pt., M.Sc., M.M., IPM., Asean Eng. menjelaskan bahwa selama ini seorang Audy adalah menjadi pengusaha di bidang peternakan dan pakan ternak terutama untuk Indonesia bagian tengah dan untuk Indonesia bagian Timur.

Lebih lanjut Wakil Gubernur Sumatera Barat Ir. Audy Joinaldy, S.Pt., M.Sc., M.M., IPM., Asean Eng. pada masa ini terjadi berbagai perubahan seperti perubahan teknologi, perubahan pekerjaan dan profesi seperti banyak pula terjadi munculnya pekerjaan baru, perubahan peta kompetensi, perubahan perilaku dan gaya hidup, perubahan cara pandang, perubahan atau pergeseran kebutuhan dasar, perubahan skill baru yang berorientasi pada softkill,

Pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Sumatera Barat Ir. Audy Joinaldy, S.Pt., M.Sc., M.M., IPM., Asean Eng.mengatakan  pada masa kini orang atau perusahaan yang menguasai big data maka merekalah yang akan menguasai dunia. Menurut Wakil Gubernur keberhasilan seseorang dalam kehidupannya sangat ditentukan oleh softkill seperti jujur, disiplin, dukungan pasangan hidup, kepemimpinan, dan sebagainya.

Gubernur Sumatera Barat Ir. Audy Joinaldy, S.Pt., M.Sc., M.M., IPM., Asean Eng. memberikan nasihat kepada lulusan Universitas Negeri Padang harus menjaga nama baik almamater dan tetap menjaga kampung, bekerja keras, dan sebagainya.

Pada kesempatan itu, Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. ketika mewisuda lulusan Universitas Negeri Padang yang diselenggarakan pada hari kedua (29 Maret) secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat mengemukakan bahwa pandemi yang diyakini krisis global telah menyerang sistem kesehatan dan juga berimbas terhadap ekonomi dan pendidikan.

“Krisis ini harus diakui mengakibatkan para pendidik juga bergulat dengan model alternatif dan metode pembelajaran dalam ruang digital serta kondisi ini selalu menjadi ruang diskursus dalam dunia pendidikan khususnya di Indonesia,” jelas Rektor Prof. Ganefri, Ph.D.

Menurut Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. pendidikan tinggi harus menempatkan proses akademik dalam kerangka mendidik umat manusia untuk menjadi komunitas humanum yang saling terhubung dan bekerja melalui kolaborasi global.

Kata Rektor, konsekuensi langsung adalah para pendidik harus bergerak ke arah memfasilitasi pengembangan kualitas mahasiswa sebagai anggota masyarakat yang memiliki kontribusi terhadap peradaban. (tisna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here