Walikota Pariaman Tinjau Lokasi Penyebab Banjir

0
1581
Padang TIME | Wali Kota Pariaman Genius Umar lakukan peninjauan ke lokasi penyebab banjir di Dusun Sampan Desa Pungguang Ladiang Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman, Kamis (21/9).
Curah hujan yang tinggi pada Rabu sore (20/9) menjadi penyebab meluapnya sungai Batang Mangor dan merendam rumah warga di sekitar sungai tersebut.
“Ini menjadi tugas kita bersama dan harus segera diatasi. Tidak hanya merendam rumah, namun banjir tersebut juga telah merendam tanaman warga sehingga warga mengalami gagal panen. Untuk itu, kita harus lakukan antisipasi, salah satu caranya adalah pemasangan bronjong atau kawat berajut isian batu. Namun melihat kondisi sungai batang mangor berada pada 2 wilayah, kita terlebih dahulu membicarakan dengan daerah tetangga dan mencari kesepakatan yang baik, “ungkapnya.

Bronjong sudah terbukti bisa memperkuat struktur tanah di sekitar sungai agar tidak
terjadi longsor.

Dibandingkan dengan konstruksi penahan lainnya seperti beton, bronjong bersifat lebih fleksibel sehingga bisa mengikuti pergerakan tanah di bawahnya tanpa merusak
konstruksi dasar.
“Semoga saja kita bisa segera mendapatkan kesepakatan baik antara 2 wilayah
Kota Pariaman dan Kabupaten Padang pariaman sehingga pekerjaan bisa
dilakukan segera dan tekanan tanah akan berkurang serta mengurangi risiko tanah
longsor, ‘ ujarnya mengkahiri.
Peninjauan lokasi penyebab banjir oleh Wako Genius Umar didampingi oleh Plt.Kepala Dinas Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPR) Nopriyadi Syukri, Kadis Sosial Kota Pariaman Muhammad Roem, Pihak BPBD Kota Pariaman, Camat Pariaman Selatan M.Farid Marwan, Kepala Desa Pungguang Ladiang Aulia Mardhi Arif. (dl)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini