Walikota Pariaman Gelar Bimtek Simona

0
589
Padang TIME | Wali Kota Pariaman, Genius Umar membuka “Bimbingan Teknis Penginputan Analisis Jabatan (Anjab), Analisis Beban Kerja (ABK) bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Pariaman” melalui aplikasi Anjab ABK SIMONA Kemendagri di Balairung Rumah Dinas Wali Kota Pariaman, Jumat, 17  Februari 2023.
Dalam sambutannya Genius sampaikan bahwa, Pemerintah Kota Pariaman sangat mendukung hadirnya aplikasi Anjab ABK SIMONA Kemendagri sebagai alat bantu yang lebih efektif dalam pengelolaan Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja di Kota Pariaman.
“Sejak bergulir wacana reformasi birokrasi di instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah, maka kita perlu melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek kelembagaan (organisasi), sumber daya manusia aparatur dan ketatalaksanaan (business process). Pembaharuan tersebut perlu dilakukan, karena tujuan dari Reformasi Birokrasi itu sendiri adalah membangun aparatur negara agar mampu mengemban misi, tugas, dan fungsi serta peranannya masing-masing secara bersih, efektif, dan efisien, dalam rangka meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik”, ulas Genius.
“Pengelolaan Anjab dan ABK yang diintegrasikan dengan proses validasi dan Persetujuan TPP ASN oleh Kemendagri, adalah suatu hal yang seharusnya dipahami dan diimplementasikan oleh setiap OPD dan ASN di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman”, ujar Genius.
Selain terkait optimalisasi penataan organisasi dan manajemen SDM, maka dalam upaya percepatan dalam memperoleh persetujuan TPP ASN Tahun 2023, Pemerintah Kota Pariaman meminta kesediaan Menteri Dalam Negeri melalui Biro Organisasi Tatalaksana (Ortala) Kemendagri, untuk dapat memberikan pendampingan penginputan Anjab ABK melalui aplikasi Anjab ABK SIMONA Kemendagri, bagi seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman, yang dilakukan melalui kegiatan bimtek ini.
Genius berpesan kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan Bimtek dengan sebaik-baiknya, dan melakukan percepatan penyelesaian Input pada aplikasi Anjab ABK SIMONA Kemendagri dalam waktu 3 (tiga) hari ini.
Disamping itu Genius juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada narasumber dari Kementerian Dalam Negeri, yang telah berkenan hadir dan menyediakan waktu untuk beraudiensi serta sharing informasi di Kota Pariaman.
Sementara itu Kepala Bagian Organisasi, Lia Lestari menyatakan bahwa, tujuan diadakan bimtek ini adalah untuk memberikan informasi dan pemahaman serta menyamakan persepsi bagi OPD termasuk UPTD dalam pengiputan Anjab, ABK dan Evaluasi Jabatan, dengan mengacu kepada ketentuan peraturan perundang-undangan.
Bimtek diikuti oleh 102 orang peserta yang terdiri dari Sekretaris Perangkat Daerah/KTU UPTD, Admin Anjab Perangkat Daerah, dan UPTD lingkungan Pemerintah Kota Pariaman, dengan narasumber dari Kepala Biro Organisasi Tatalaksana Kementerian Dalam Negeri,Suprayitno,  beserta Tim.  (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini