Wakil Bupati Pasaman Hadiri Peringatan Hari Jadi Provinsi Sumbar Ke 78

0
74
PadangTIME.com – Wakil Bupati (Wabup) Pasaman Sabar AS berharap peringatan Hari Jadi Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ke-78 makin memperkuat sinergitas antar Pemprov Sumbar dengan pemkab/pemko yang ada di Sumbar.
“Termasuk memperkuat sinergitas antara Pemprov Sumbar dengan sejumlah pemprov di daerah tetangga,” ujar Sabar yang ditanya sebuah media audio usai sidang paripurna istimewa DPRD Sumbar dengan agenda memperingati Hari Jadi Sumbar ke-78 di Padang, Minggu (1/10/2023).
Sebelum menguraikan harapannya, terlebih dahulu Wabup Sabar menyatakan memberi apresiasi atas kerja keras Pemprov Sumbar selama ini yang membuat daerah ini semakin maju. “Ini tentu tak bisa dipisahkan dari kemitraan yang baik dengan DPRD,” ungkapnya.
Wabup Sabar berharap terjadi sinkronisasi antara sumber daya yang dimiliki oleh Pemprov Sumbar dengan kebijakan pembangunan yang dilakukan oleh pemkab/pemko yang ada di Sumbar. “Terutama sumber daya anggaran,” ujarnya.
Dengan demikian, menurut Sabar, antara kebijakan anggaran yang digariskan Pemprov Sumbar sejalan dengan kebijakan pembangunan di tingkat kabupaten/kota yang ada di Sumbar.
“Sehingga yang disasar merupakan sektor-sektor yang menjadi unggulan di masing-masing kabupaten/kota,” bebernya. Sabar menunjuk contoh Pasaman yang menggunggulkan sub-sektor perikanan.
“Nah, bagaimana ini digenjot secara bersama-sama,” sarannya. Ditambah dukungan dari pemerintah pusat, sebut Sabar, bagaimana sektor ini digenjot bersama-sama sehingga diharapkan bisa meningkatkan produksi dan produktifitas.
Penanganannya, kata Sabar, harus dilakukan dari hulu sampai hilir, bahkan diupayakan untuk mendapatkan nilai tambah. “Termasuk pemasarannya,” tambah mantan anggota DPRD Sumbar ini.  Wabup Sabar juga menekankan perlunya meningkatkan aspek kolaborasi, baik antara Pemprov Sumbar dengan pemerintah kabupaten/kota, termasuk antara Pemprov Sumbar dengan sejumlah daerah tetangga seperti Provinsi Sumatera Utara dan Riau.
“Saya kira ini penting,” tandas Sabar. Ia menunjuk contoh, untuk mendukung aksesebilitas sangat diperlukan dukungan Pemprov Sumbar untuk membangun jaringan jalan ke kabupaten tetangga, Limapuluh Kota
Termasuk rencana membuka hubungan darat ke Riau melalui Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dan ke Sumut melalui Padang Lawas,  menurut Sabar, menuntut keterlibatan Pemprov Sumbar.”Bila jalur darat menuju kedua provinsi sudah terbuka, tentu akan memudahkan bagi Pasaman untuk memasarkan komoditas yang dihasilkan, terutama komoditas di sektor pertanian dengan sejumlah sub-sektornya itu,” kata Sabar. (02)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini