Usung Tema “Siap Membangun Negeri”, Bupati Pesisir Selatan Hadiri Perayaan Tahun Bakti PUPR ke-78

0
1114

Padang TIME | Bupati Pesisir Selatan hadiri perayaan Tahun Bakti PUPR ke-78 ini mengusung tema, “Siap Membangun Negeri” Terus Juara Infrastruktur dan Bangkitkan Perekonomian Rakyat. Tema ini sejalan dengan tujuan negara untuk mewujudkan infrastruktur yang andal dan strategis.

Peringatan Tahun Bakti PU berlangsung di Dinas PUPR Pesisir Selatan. Bupati juga didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Titi Rusma Yul Anwar dan Sekretaris Daerah (Sekda) Mawardi Roska.

Selain itu juga turut mendampingi Kepala Dinas (Kadis) PUPR Pesisir Selatan Davitra, Sekretaris Yusvianty dan Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Fahresi Eka Siska dan segenap insan PU Pesisir Selatan.

Pada kesempatan itu insan PUPR Pesisir Selatan juga menggelar donor darah yang diikuti belasan peserta. Aksi sosial itu pun berhasil mengumpulkan 9 kantong darah dan langsung disumbangkan pada RSUD M. Zein.

Bupati melanjutkan keberhasilan sejumlah insan PU Pesisir Selatan terdahulu itu dalam berkarir hendaknya terus berlanjut, karena menurut bupati segenap pegawai PU kini memiliki kompetensi yang tak kalah baiknya.

Dukungan teknologi dan informasi sangat memadai, sehingga peluang itu kian besar. Sementara para senior dulunya berkarir dengan segala keterbatasan dan hanya berbekal keyakinan dan kesungguhan semata.

“Kami tentunya bangga dan akan sangat mendukung sekali jika ada insan PU yang mampu meneruskan tradisi itu,” tutur bupati.

Apalagi pemerintah kabupaten sesuai dengan visi-misi yang telah tertuang dalam RPJMD 2021-2026 menjadikan peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai arus utama pembangunan.

Segenap aparatur daerah, termasuk insan PU tidak hanya sekedar subjek menjadi dari pembangunan, namun sekaligus sebagai objek. Artinya pemerintah kabupaten turut mendukung peningkatan SDM aparatur.

Pemerintah kabupaten sangat menyadari membangun kapasitas segenap pelaku pembangunan adalah sebuah keharusan yang tak bisa diabaikan, di tengah semakin kompleksnya tuntutan publik.

Ketersediaan aparatur daerah yang handal dan terampil di bidangnya masing-masing adalah sebuah kebutuhan yang sangat mendasar, sehingga pembangunan tidak berbiaya mahal.

“Yang kita butuh ke depan bukan modal dan teknologi untuk membangun, tapi ilmunya, sehingga Pesisir Selatan berdaulat dengan pembangunannya. Ketergantungan kita pun akan relatif kecil,” terang bupati.

Karena itu bupati meminta segenap insan PU agar tidak cepat berpuas diri dengan kemampuan saat ini. Teruslah belajar dan berbenah, sehingga benar-benar berguna bagi nusa dan bangsa.

Tak dapat dipingkiri insan PU memiliki peran yang sangat penting memajukan daerah. Kesigapan geraknya dalam menyiapkan infrastruktur dasar menjadi penentu bagi berbagai lini kehidupan.

“Jadi, teruslah bergerak dan berkarya membangun negeri ini. Kami atas nama pribadi dan juga pemerintah kabupaten mengucapkan ribuan terima kasih atas pengabdian insan PU di daerah ini,” ujar bupati.

Pada kesempatan itu bupati berharap segenap insan PU di Pesisir Selatan tidak hanya sekedar berkutat pada pembenahan maupun penyediaan infrastruktur dasar semata seperti jalan dan jembatan.

Akan tetapi juga mesti meningkatkan kolaborasi dengan perangkat daerah lainnya seperti dengan dinas pertanian dalam menyiapkan irigasi menuju target swasembada beras.

Kemudian membantu Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan menyusun perencanaan pembangunan Puskesmas dan gedung sekolah, sehingga pelaksanaannya lebih efisien dan efektif dalam hasil.
 (pt)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini