Padang TIME  | Permenpan RB Nomor 90 Tahun 2021 tentang pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani menjelaskan beberapa tahapan yang harus di lalui, yaitu pencanangan, pembangunan, pengusulan, penilaian dan penetapan.
Untuk itu,  tujuh Fakultas yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan serta Fakultas Psikologi dan Kesehatan serta  Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Padang melakukan pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih  Melayani Jumat (10/3)  di Auditorium UNP.
Pencanangan ini di hadiri oleh semua unsur Pimpinan,  Dosen, Tendik dan Mahasiswa serta di saksikan oleh Sekretaris Reformasi Biokrasi dan ZI Kemdikbudristek M. Ali Akbar, SE, M.B.A yang sekaligus menjadi narasumber dalam Sosialisasi Implementasi Zona Integritas di Lingkungan Universitas Negeri Padang. 
Ketua Tim Reformasi Birokrasi UNP Prof. Dr.M. Zaim, M.Hum dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan Reformasi dan Birokrasi di UNP di mulai  tahun 2017 dengan penyusunan Peta Jalan Reformasi UNP.
Penyusunan aksi di setiap tahun dan Penyampaian laporan ke Ditjen Dikti setiap tahunnya . Keberhasilan Reformasi Birokrasi ini di buktikan dengan berbagai penghargaan yang di dapat UNP .
Tahun 2021 UNP telah menetapkan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sebagai Zona Integritas dan di tahun 2022 di tetapkan Fakultas Bahasa dan Seni dan Fakultas Ekonomi.
Berikutnya, di tahun 2023 ini tujuh Fakultas dan Sekolah Pascasarjana mencanangkan Zona Integritas. Dengan demikian, maka seluruh Fakultas di UNP telah melakukan pencanangan Zona Integritas.
Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D dalam pidato pembukaan menyampaikan
harapannya dengan pencanangan Zona Integritas ini dapat  memberikan layanan yang baik kepada mahasiswa DALAM pembimbingan skripsi, Tesis dan Disertasi
mahasiswa.
Selanjutnya Prof. Ganefri mengatakan “Bahwa Perguruan Tinggi  yang berkembang yaitu Perguruan Tinggi yang kuat dan prodi-prodi yang di miliki adalah yang sesuai dengan kebutuhan industri dan masyarakat .
Kemudian PT yang berkembang memiliki Prodi yang Terakreditasi Unggul,   Implementasi Teknologi, dana abadi,  Perguruan Tinggi yang mempunyai kekhasan.
Pencanangan Zona Integritas di tandai dengan
menekan tombol dan penandatanganan oleh Rektor, WR, Sekretaris Universitas, Ketua Lembaga, Ketua Badan, Dekan, Di dan Kepala Biro selingkungan UNP. 
Dalam penyampaian materinya Ali Akbar, SE, M.B.A,  mengatakan
ada 3 tantangan dalam pembangunan Zona Integritas yaitu
Pencegahan KKN,  Pelayanan Publik Prima dan fokus untuk mengoptimalkan kinerja unit kerja . 
Selanjutnya, Sekretaris RB Kemdibudristek  menyampaikan
UNP adalah Perguruan Tinggi Negeri yang ke 9 yang mencanangkan Zona Integritas bagi seluruh Fakultas.   (PT)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini