Padang TIME | Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia  kembali menetapkan Universitas Negeri Padang (UNP) sebagai PTN berklasterisasi Mandiri tahun 2023. Hasil ini di peroleh berdasarkan hasil evaluasi penelitian, pengabdian masyarakat termasuk produk dan sitasinya.
Klasterisasi perguruan tinggi tahun 2023 berdasarkan hasil olahan data kinerja perguruan tinggi  berbasis SINTA dalam periode tahun 2019 hingga 2021.
Data kinerja yang di perhitungkan merupakan data yang telah di verifikasi dan di validasi oleh verifikator Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) perguruan tinggi.  Data kinerja tersebut meliputi penulis, afiliasi, jurnal, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kekayaan intelektual, dan buku .
Klasterisasi ini bukanlah pemeringkatan, namun merupakan pengelompokkan perguruan tinggi sesuai dengan kualifikasi kinerja perguruan tinggi sebagai dasar penyusunan peta jalan riset dan rencana  strategis, serta sebagai landasan penentuan kewenangan pengelolaan penelitian dan pengabdian  kepada masyarakat di perguruan tinggi
Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D mengapresiasi dan menghimbau agar dosen terus berkarya melalui penelitian, hilirisasinya pengabdian masyarakat dan produknya berupa artikel bereputasi nasional maupun internasional, karena akan berkontribusi besar untuk Indikator Kinerja Utama UNP dan WCU.
Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Yohandri, M.Si., Ph.D mengatakan bahwa saat ini, LPPM akan menerapkan strategi  agar terjadi peningkatan minat riset dan menulis  termasuk mensosialisasikan riset baru yang kolaboratif.
Selama Tahun 2022 total keseluruhan jumlah penelitian adalah sebanyak 514 proposal. Luaran berupa jurnal internasional bereputasi sejumlah 302 dokumen juga menunjukkan bahwa kualitas penelitian dosen UNP tahun  2022 semakin baik.
Dalam peringkat 30 besar UNP menempati peringkat 14 untuk tahun 2022 dengan nilai 647. Sementara itu, tingkatan capaian jumlah usulan proposal pengabdian berjumlah 542 proposal.
Tahun 2022 ini KKN  di Provinsi Kalimantan Tengah sejak 17 Juli sd 20 Agustus 2022
di ikuti 2.331 mahasiswa/i terbaik dari 73 perguruan tinggi di Indonesia
di tempatkan di 100 desa di dua kabupaten yaitu Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas KKN Kebangsaan pada tahun 2022. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini