TP-PKK Agam Gelar Jambore Kader Posyandu 2022

0
3025

Lubuk Basung, 6 Desember  2022

PadangTIME.com – Lubuk Basung,  – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Agam menggelar jambore kader posyandu 2022, Selasa (6/12).  Jambore ini di buka secara resmi Bupati Agam, diwakili Sekda Agam, Drs Edi Busti MSi, dihadiri Ketua TP-PKK Agam, Ny Yenni Andri Warman, Wakil Ketua TP-PKK Agam, Ny Titik Irwan Fikri, Kepala DPMN Agam, Kepala Dinkes Agam, Kepala Disdukcapil Agam, Kadis Perikanan Agam, dan lainnya. Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Tenis Indoor Lubuk Basung ini, diikuti oleh ratusan kader posyandu dari 16 kecamatan di Kabupaten Agam.

Ketua Pelaksana Jambore Kader Posyandu 2022, Ny. Ningsih Hendri Rusdian menjelaskan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan wawasan kader posyandu.

“Selain itu juga sebagai upaya mengajak kader posyandu untuk turut berkontribusi dalam pembangunan kesehatan melalui pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut disebutkan, jambore kader posyandu tahun ini diikuti sebanyak 160 peserta yang berasal dari kader posyandu se Kabupaten Agam. Dalam pelaksanaannya sambung Ningsih, pelaksanaan jambore diisi dengan sejumlah perlombaan.

“Kegiatannya seperti lomba penyuluhan kader posyandu, lomba PMT posyandu dan outbond,” sebutnya.

Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Ny. Yenni Andri Warman berharap kegiatan jambore kader posyandu ini bisa menjadi momentum untuk mewujudkan posyandu yang multifungsi.

Dikatakan, kinerja kader posyandu akan berdampak dalam peningkatan fungsi posyandu posyandu yang sesuai dengan harapan masyarakat.

“Masyarakat mengharapkan posyandu bisa menjadi pos utama dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Posyandu yang multifungsi jelasnya, adalah posyandu yang terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Dengan posyandu yang multifungsi diharapkan dapat mengurangi penyakit dan stunting pada anak-anak dan bayi kedepannya,” ucapnya lagi.

Selain itu, melalui posyandu yang multifungsi juga diharapkan mampu mengatasi berbagai permasalahan kesehatan masyarakat yang tertuang dalam 10 program pokok PKK.

Pada kesempatan itu, Ny. Yenni mengajak kader posyandu untuk terus meningkatkan SDM.

“Kader posyandu diharapkan membina hubungan harmonis dengan OPD mitra PKK sehingga genarasi berkualitas dan berwawasan dapat diwujudkan untuk kedepannya,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Agam, diwakili Sekda Agam, Drs Edi Busti MSi mengatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten Agam berkomitmen dalam membangun dan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui posyandu yang tersebar di seluruh kecamatan.

“Posyandu sebagai pos pelayanan terpadu, merupakan tempat pemeliharaan kesehatan masyarakat, dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan, Posyandu memiliki peran penting dalam menumbuhkan kesadaran pada masyarakat untuk lebih memperhatikan kesehatan.

“Posyandu yang berkualitas diharapkan mampu mensukseskan program pemerintah di bidang kesehatan, khususnya terkait dengan permasalahan stunting serta kesehatan ibu dan anak,” harapnya.

Ia berharap, melalui kegiatan Jambore ini, para kader posyandu mendapatkan bekal, arahan dan tambahan pengetahuan sehingga lebih terampil, dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Kepada para kader, ia berpesan, agar dapat terus berinovasi dan menggerakkan swadaya kelompok untuk berperan aktif serta mendukung setiap kegiatan yang diadakan masyarakat. (RH)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini