Tim Unand Dampingi Batik Jembaran Akar Memaksimalkan Pemasaran Digital

0
2039

Olah:    Tim PKM Unand 

               Adila Adisti, SE, M.Ec

               Chairunnisya, SE, MM

Padang TIME.com – Tim PKM Unand yang terdiri dari Adila Adisti, SE, M.Ec dan Chairunnisya, SE, MM kembali dampingi Batik Jembatan Akar untuk memaksimalkan promosi melalui media sosial yaitu Instagram. Kegiatan diawali dengan diskusi melalui aplikasi Zoom. Batik Jembatan Akar merupakan kelompok pengrajin yang berlokasi di Kampung Teratak Baru, IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Pada tahun sebelumnya (2021), Tim PKM Unand memberikan materi serupa yang diaplikasikan pada akun berbeda. Tahun ini Batik jembatan Akar menggunakan akun Instagram baru yaitu @batik_jembatan_akar.

Fokus pendampingan oleh Tim Unand adalah untuk meningkatkan upaya promosi Batik Jembatan Akar dengan tujuan menjangkau lebih banyak pengguna Instagram.

“Saat ini, diera digital konsumen menjadi mudah untuk mencari informasi terkait sebuah produk sebelum memutuskan untuk membeli produk atau jasa tersebut. Salah satu cara agar konsumen tertarik melihat akun media sosial kita adalah dengan menampilkan sebanyak mungkin informasi yang diinginkan konsumen. Bisa berupa informasi produk terbaru, proses produksi batik, informasi peningkatan kemampuan pengrajin, maupun edukasi terkait batik.” Ujar Chairunnisya, SE, MM selaku pembicara pada kegiatan ini.

Menurut Chairunnisya, selain menjadi sarana untuk mempromosikan produk akun Instagram Batik Jembatan Akar juga bisa digunakan sebagai tempat untuk berinteraksi dengan pengikutnya.

Pendampingan yang dilakukan dibantu oleh mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas untuk mengelola akun tersebut. Saat ini, telah terjadi peningkatan jumlah pengikut (followers), jumlah jangkauan yang meningkat, dan unggahan yang bertambah.

“Karena menggunakan akun baru kita butuh usaha lebih, maka pendampingan yang diberikan oleh Tim PKM Unand sangat membantu kami dalam memaksimalkan upaya pemasaran digital yang kami lakukan.” Ujar Sapta Ria selaku ketua kelompok pengrajin Batik Jembatan Akar.  (pt)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini