Thailand Jadi Tuan Rumah APEC 2022

0
4294

PadangTIME.com | Thailand mendapat kehormatan besar sebagai tuan rumah Asia-Pacific Economic Cooperation, atau APEC, pada November 2022. Peran ini menjadi peluang menarik dan tugas penting bagi Thailand mengingat status terkemuka APEC, dan konteks unik pada tahun ini.

APEC terbentuk pada 1989 dan Thailand ikut menjadi salah satu anggota pendirinya. Forum kerja sama ekonomi yang penting ini telah berkembang dan mencakup 21 perekonomian terbesar di Asia Pasifik.

Selama puluhan tahun, prinsip utama APEC tetap sama, yakni mempromosikan integrasi ekonomi regional.

APEC memiliki 2,8 miliar orang dan PDB gabungan senilai lebih dari US$ 53 triliun, atau lebih dari setengah PDB dunia dan nilai perdagangan dunia.

Sebagai tuan rumah APEC pada tahun pertama setelah pemberantasan pandemi Covid-19, Thailand mengangkat tema “Open. Connect. Balance.” pada 2022. Tema ini mencerminkan target-target berikut: membuka kawasan untuk peluang baru, mempererat hubungan dalam seluruh dimensi, dan ikut mencapai keseimbangan dalam seluruh aspek.

Sebanyak 21 perekonomian APEC, bertemu setiap tahun dan mengulas cara untuk memfasilitasi perkembangan perdagangan dan ekonomi dalam beragam dimensi, khususnya tema tahun ini yang berkaitan dengan mempererat hubungan, menemukan peluang pertumbuhan baru, serta membangun daya tahan terhadap tantangan baru.

Sejumlah inisiatif Thailand yang sejalan dengan sejumlah target tersebut: memperbarui dialog tentang Free Trade Area of the Asia-Pacific (FTAAP) pada era pasca-Covid-19, membentuk Safe Passage Taskforce yang menjalankan koordinasi pembukaan kebijakan perbatasan perjalanan secara aman dan lancar, serta memperkuat dukungan terhadap “Bangkok Goals on the Bio-Circular-Green (BCG) Economy” sebagai kesepakatan tingkat tinggi guna mewujudkan APEC sebagai perekonomian yang mencermati isu-isu lingkungan hidup.

Lebih lagi, Thailand sebagai tuan rumah APEC 2022 juga mendukung teknologi dan inovasi digital guna meningkatkan kapasitas manusia, memperluas akses pembiayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta memberdayakan kaum perempuan lewat partisipasi ekonomi yang lebih inklusif, serta mendukung pariwisata berkelanjutan.

Dari kendala yang ditimbulkan Covid-19, APEC tak hanya siap merevitalisasi ekonomi pada 2022, namun juga tampil lebih kuat dan baik demi mencapai kesejahteraan jangka panjang. Thailand, sebagai tuan rumah, akan mempertunjukkan kemampuannya sebagai anggota pendiri APEC.

APEC Economic Leaders’ Week akan berlangsung dari 14-19 November 2022, sedangkan, APEC Economic Leaders’ Meeting dari 18-19 November di Bangkok.  (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini