Tampung Aspirasi Petani, Wamentan Kunjungi Kab. Padang Pariaman

0
1328
Padang TIME | Setelah melakukan panen jagung, menanam padi bersama masyarakat petani Rimbo Sianik, meninjau penangkaran jagung dan KWT Mama Ceria Kecamatan Enam Lingkung, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kecamatan Padang Pago dan Kecamatan VII Koto, pada Jumat (24/02)
Di hari kedua kunjungannya ini Wamentan Harvick HQ mengunjungi Penangkar Kelapa Dalam “KARAMBIA Padang Pariaman Gapoktan Berkah Bersama, bertempat di Korong Kapuah Nagari Koto Baru Kecamatan Padang Sago. Kemudian singgah di Rumah Produk Virgin Coconut Oil (VCO) Kelompok Wanita Tani (KWT) Bengkel Sakato Nagari Ambuang Kapua, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak.
Di lokasi yang dikunjunginya Wamentan Harvick HQ didampingi Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, melihat berbagai bentuk kerajinan ekonomi kreatif dan produk pangan hasil olahan masyarakat. Kepada Wamentan dan rombongan langsung diperlihatkan cara pengolahan bahan sehingga menghasilkan sebuah produk pangan dari kelompok tani.
Kemudian Wamentan Harvick bersama rombongan juga dihadapkan dengan hidangan produk pangan dan buah-buahan. Pada kesempatan itu, sang Wamen menikmati hidangan yang disuguhkan sambil mengangguk-menganggukan kepala.
“Enak, perlu dibungkus nih,” katanya memuji.
Sebelumnya, di hari pertama kunjungannya Wamentan Harvick telah menyampaikan bahwa Kementrian Pertanian siap memfasilitasi dalam memberikan educasi kepada para petani. Supaya ada upaya peningkatan produktivitas dari kelompok tani.
“Saya  mengapresiasi perhatian Pemkab Padang Pariaman terhadap sektor pertanian melalui program program ungulannya dalam sektor pertanian. Kementrian Pertanian siap fasilitasi Padang Pariaman untuk kemajuan para petani ini,” katanya kemarin, saat kunjungan hari pertama.
Kemudian Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyampaikan kepada Wamentan, kreatifitas masyarakat sudah cukup tinggi. Dia menyebut, masyarakatnya melalui kelompok yang dibentuknya telah mampu menciptakan berbagai kerajinan, mampu membuat produk pangan yang pasarannya baru lokal. Makanya, dia berharap penguatan hilirisasinya, agar terciptanya kesejahteraan bagi masyarakat petani.
“Terima kasih kepada Pak Wamen, dua hari berkegiatan di Padang Pariaman, semoga menambahkan keberkahan dari Allah dan bernilai ibadah. Kita berharap juga kedepannya para kelompok tani kita menjadi perhatian dari Kementrian Pertanian, ” sebutnya berharap.
Hadir mendampingi Bupati Suhatri Bur, Sekda Rudy Repenaldi Rilis, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, camat dan wali nagari di kecamatan setempat. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini