Sekdako Pariaman Buka Workshop Peningkatan Kapasitas dan Aktualisasi Diri Pengurus Organisasi Wanita Kota Pariaman

0
248

PadangTIME.com – Mewakili Wali Kota Pariaman Genius Umar, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pariaman Yota Balad membuka workshop peningkatan kapasitas dan aktualisasi diri pengurus organisasi wanita yang ada di Kota Pariaman, bertempat di Aula Balaikota Pariaman, Kamis (6/10).

Dalam sambutannya, Yota Balad mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat luar biasa ini.

“Kita semua tahu, bahwa perempuan mempunyai peran penting dalam kesuksesan rumah tangga khususnya terhadap suami. Organisasi wanita yang terdiri dari Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK), Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Dharma Wanita Persatuan (DWP), Bhayangkari dan Persit merupakan salah satu bagian yang mempu mendukung pembangunan khususnya di Kota Pariaman. Dengan adanya workshop ini, para organisasi wanita nantinya mampu lebih meningkatkan kapasitas baik sebagai pengurus maupun ibu dan istri dari keluarga dirumah, “ ungkapnya.

TP PKK adalah Mitra Kerja Pemerintah dan Organisasi Kemasyarakatan, yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing – masing jenjang demi terlaksananya program PKK. GOW merupakan organisasi yang berperan dalam pengembangan perempuan, baik di tingkat daerah maupun propinsi. GOW mempunyai konsistensi dalam memperjuangkan peningkatan peran dan kualitas perempuan sebagai mitra sejajar dalam upaya percepatan persamaan gender. Sedangkan DWP merupakan wadah perkumpulan istri ASN (Aparatur Sipil Negara).

“Kita menghimbau kepada Kader-Kader PKK, GOW , DWP, Bhayangkari dan Persit Kota Pariaman, harus bisa menjadi pemandu jalan, mengajak, merangkul serta mengajak ibu-ibu untuk mengambil bagian dalam upaya pembentukan manusia indonesia yang unggul, SDM-SDM yang unggul, sehingga SDM yang unggul yang kita ciptakan pada saat ini, akan menjadi kekuatan besar bangsa ini kedepanya, karena di era persaingan, kompetisi yang sengit seperti ini, sumber daya manusia menjadi kunci, “ harapnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Kota Pariaman Ny.Lucy Genius mengatakan bahwa workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas Sumber Daya Manusia seluruh kader atau Anggota organisasi perempuan yang mampu berdaya saing.

“Tujuan yang ingin kita capai dalam workshop ini adalah meningkatnya kapasitas kader/anggota organisasi perempuan dalam perencanaan organisasi Responsif Gender. Meningkatnya jumlah partisipasi perempuan kader organisasi perempuan dalam pembangunan bidang politik, sosial ekonomi dan hukum,”ujarnya.

Menjadi seorang pengurus pada suatu organisasi wanita harus memiliki wawasan yang luas, bahasa yang baik serta sikap dan perilaku yang dapat menjadi contoh bagi anggota dan masyarakat serta mampu menyampaikan informasi yang benar kepada yang lainnya. Hal ini agar seluruhnya dapat tersampaikan dan di implementasikan dengan baik di tempat masing – masing.

“Menjadi pemateri pada workshop ini adalah Elita Gafar seorang Trainee Personality, dengan harapan para pengurus organisasi dapat mengambil intisari dari ilmu yang diberikan oleh narasumber. Tidak hanya itu, peserta workshop hendaknya memiliki cara pikir dan cara pandang yang jauh kedepan dengan cara memanfaatkan setiap peluang melalui potensi yang dimiliki. Dengan begitu, kita akan bisa mandiri dan bisa menghadapi segala tantangan, “ tutupnya.(dewi lestari)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini