Roberia Satukan Persepsi Budaya Tabuik Pariaman

0
92

Padang TIME.com – Pimpin rapat persiapan “Pesona Budaya Tabuik 2024” Penjabat Wali Kota Pariaman Roberia satukan persepsi terkait nama acara untuk pesta budaya tabuik pariaman yang akan digelar mulai tanggal 7 s/d 21 Juli 2024 di kota pariaman.

Menurut Roberia sebagai penyelenggara dan panitia pesona budaya tabuik 1446 Hijriah/2024 Masehi, kita semua harus sama dalam penyampaian dan pemberian informasi kepada masyarakat tentang judul acara tersebut.

“Pesona budaya tabuik jangan diganti lagi dengan judul pesona hoyak tabuik, karena hal itu akan membuat kacau. Kalau sudah dipilih judulnya hoyak tabuik maka tanggalnya harus diganti bukan lagi tanggal 7 s/d 21 Juli 2024 tetapi tanggal 21 Juli 2024 pada saat tabuik itu dihoyak”, terang Robe di ruang rapat wali kota Senin (1/7/2024).

Roberia menjelaskan bahwa prosesi pembuatan tabuik sampai tabuik dihoyak itu harus diikuti dengan baik, jangan sampai tidak diikuti makanya judul acaranya dibuat menjadi “Pesona Budaya Tabuik bukan Pesona Hoyak Tabuik”.

Kepada Ketua Pelaksana Budaya Tabuik Pariaman Firman Syakri Pribadi atau yang lebih dikenal dengan panggilan Adjo Fe, Robe berharap apa yang akan dikerjakan untuk tabuik ini benar-benar sesuai dengan aturan dan prosesnya yang telah dilakukan secara turun temurun, karena tabuik adalah budaya dan ciri khas kota pariaman yang memadukan unsur agama, sejarah, adat istiadat, seni, dan tradisi dengan menggambarkan kekayaan budaya yang sangat dinanti oleh warga kota pariaman, wisatawan dalam negeri dan wisatawan luar negeri.

“Budaya tabuik ini harus dilestarikan karena mampu menarik kunjungan wisatawan ke kota pariaman dan juga mampu menggerakan perekonomian lokal, regional, serta mampu mendatangkan investasi ke kota pariaman”, ulasnya.

Pesona Budaya Tabuik dimulai pada tanggal 07 Juli 2024 dengan acara perdana kegiatan tabligh akbar yang akan dilaksanakan di Lapangan Merdeka Kota Pariaman, setelah itu dilanjutkan dengan lomba video tabuik dan prosesi maambiak tanah untuk tabuik pasa dan tabuik subarang.

Setiap harinya sampai hari puncak tabuik dihoyak banyak acara yang digelar untuk menghibur warga kota pariaman seperti acara lomba permainan tradisional anak, pemutaran film documenter, lomba mewarnai, bazar usaha mikro kecil menengah, lomba gandang tasa, lomba petatah petitih adat dan penampilan seni budaya dan acara menarik lainnya.

Dalam rapat juga dibicarakan tentang pembagian tugas dari masing-masing panitia agar acara pesona budaya tabuik 2024 bisa berjalan lancar dan sukses, serta keamanan dan kenyamanan tamu, pengunjung bisa terjaga dan terpantau dengan baik. (tachi desi).

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini