Rektor UNP Apresiasi SIA Korsel Atas Penganugerahan Profesor Kehormatan pada Ibu Megawati

0
437
ads
Padang TIME – Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri, Ph.D memberikan apresiasinya atas penganugerahan Profesor Kehormatan pada Ibu Megawati Sukarno Putri oleh Seoul Institute of the Arts (SIA) Korea Selatan, Minggu/ 8 Mei 2022. Hal tersebut disampaikan oleh Rektor yang juga Ketua Pengurus Wilayah NU Sumatera Barat, Kamis 12 Mei 2022 di ruang kerjanya Rektorat UNP Kampus Air Tawar Padang.
“Ada beberapa hal yang dapat kita maknai dari penganugerahan gelar Profesor Kehormatan pada Ibu Megawati oleh SIA, pertama, sebagai penerima Gelar Doktor Honoris Causa bidang Pendidikan politik dari UNP tahun 2018, tentu kita juga bangga, karena bu Mega juga mendapat gelar Profesor kehormatan secara internasional dari perguruan tinggi besar di Korsel, dan hal ini menjadi Profesor Kehormatan kedua setelah Universitas Pertahanan memberikan gelar yang sama tahun 2021 yang lalu. Kedua, kita apresiasi SIA atas penghargaan pada tokoh demokrasi dan kemanusian serta kebudayaan dari Indonesia, yang juga Presiden Republik Indonesia ke-5, yang tentunya banyak memberikan kontribusinya bagi gerakan perdamaian di Semenanjung Korea, melalui model demokrasi dan komitmen memperjuangkan asas kemanusiaan, sekaligus pendekatan kebudayaan yang ditawarkan oleh ibu Megawati sampai saat ini sebagai pimpinan partai PDI Perjuangan, khususnya dalam penyelesaian konflik di Semenanjung Korea antara Korsel dan Korut ternyata ampuh untuk perdamaian dan  model bagi pendidikan perdamaian yang juga sedang digagas oleh UNP melalui Pusat Studi Asia Pasifik”, Tegas Rektor yang juga Ketua Forum Komunikasi Rektor LPTK Indonesia ini.
Gelar dari SIA ini bukan yang pertama dari Korsel untuk Megawati. Sebelumnya, Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila itu juga menerima gelar doktor honoris causa dari beberapa universitas di Korea.
Sementara untuk gelar doktor kehormatan, Megawati sudah menerima sembilan. Berikut daftarnya.
1. Waseda University of Tokyo, Tokyo, Jepang, 29 September 2001 (Bidang Politik).
2. Moscow State Institute of International Relations (MGIMO), Moskow, Rusia, 22 April 2003 (Bidang Politik).
3. Korea Maritime and Ocean University, Busan, Korea Selatan, 19 Oktober 2015 (Bidang Politik)
4. Universitas Padjajaran (UNPAD), Bandung, Indonesia, 25 Oktober 2016 (Bidang Politik dan Pemerintahan).
5. Universitas Negeri Padang (UNP), Kota Padang, Indonesia, 27 September 2017 (Bidang Pendidikan Politik).
6. Mokpo National University, Kota Mokpo, Korea Selatan, 16 November 2017 (Bidang Demokrasi Ekonomi).
7. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Bandung, Indonesia, 8 Maret 2018 (Bidang Politik dan Pemerintahan. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini