Puncak Hari Oeang ke 76, Walikota Bukittinggi Terima Penghargaan

0
1326

PadangTIME.com | Wali Kota Bukittinggi terima penghargaan dari Kementrian Keuangan melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bukittinggi. Penghargaan itu diberikan dalam puncak peringatan Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke 76 tahun 2022, di Kantor KPPN Bukittinggi, Minggu (30/10).

Kepala KPPN Bukittinggi, Khairil Indra, menjelaskan, Hari Oeang Rl tahun ini diperingati dalam suasana penuh harapan menghadapi tantangan menuju pemulihan Indonesia. Peringatan Hari Oeang merupakan penguat dalam menanamkan nilai-nilai Kementerian Keuangan, yaitu nilai integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan.

Dalam pelaksanaannya, Kementrian Keuangan mengarahkan KPPN untuk berikan penghargaan pada pemerintah daerah, yang cukup perhatian dengan pengembangan UMKM. Pemko Bukittinggi menjadi salah satu yang menerima penghargaan, karena membesarkan dan memberdayakan UMKM melalui program Tabungan Utsman.

“Program untuk membesarkan UMKM dari Pemko Bukittinggi, patut diapresiasi. Tabungan Utsman merupakan program yang luar biasa. Penghargaan kita berikan pada Pemerintah Kota Bukittinggi atas pemberdayaan UMKM melalui program Tabungan Utsman,” jelasnya.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan terima kasih atas perhatian dari Kementrian Keuangan melalui KPPN Bukittinggi. Pemko mencatat pada tahun 2022 ini, simpanan masyarakat lebih tinggi dibanding sebelum covid-19 lalu.

“Awal tahun 2022 lalu, tercatat simpanan masyarakat di perbankan mencapai Rp 4 Trilyun lebih. Namun masuk pertengahan tahun naik mencapai Rp 5,3 Trilyun lebih. Untuk milai investasi di Bukittinggi tahun ini juga mencapai angka Rp 1,34 T dengan 4300 jenis usaha. Sehingga terjadi 13 ribu serapan tenaga kerja,” jelas Erman.

Terkait Tabungan Utsman, Wako menjelaskan, ada tiga program prioritas Pemerintah Kota Bukittinggi. Meringankan beban masyarakat dengan cara tidak bayar uang komite, memudahkan warga untuk mendapatkan kebutuhan pokok dan mendorong warga untuk mendapatkan modal usaha melalui Tabungan Utsman.

“Nasabah Tabungan Utsman sejak awal dulu hingga 28 Oktober 2022 atau selama 8 bulan, terdata sebanyak 1662 orang dengan realisasi Rp 12 M lebih. Alhamdulillah ini sangat membantu masyarakat kita di Bukittinggi. Terima kasih atas penghargaan Kemenkeu atas program ini,” jelas Wako.

Tahun depan, Pemko di bawah kepemimpinan Erman Safar dan Marfendi, masih fokus terhadap perbaikan dan peningkatan ekonomi masyarakat. Salah satu terobosan nantinya yang tengah disiapkan, menciptakan pusat ekonomi baru di pusat Kota Bukittinggi. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini