POMNAS Ke-XVII Tahun 2022 di UNP Resmi Dibuka Menteri Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim

0
224

PadangTIME.com – POMNas Ke-XVII Tahun 2022 di Padang (Sumatera Barat)  hari ini (17/11) secara resmi  dibuka oleh Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim bersama Gubernur Sumbar Mahyeldi serta Rektor UNP dan Tamu undangan lainya di Auditorium UNP.

Melibatkan lebih kurang mencapai 8.848 terdiri dari Atlet 3.079 dan 5.869 pelatih official dan 455 wasit yang berasal dari 34 Provinsi se-Indonesia.

Dalam sambutan Rektor UNP Ganefri Mengatakan POMNas XVII Bertemakan“Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat, Berprestasi Lebih Hebat” dengan tujuan meningkatkan persatuan, kebersamaan, dan persahabatan antar mahasiswa,serta mengembangkan Prestasi melalui Olahraga Nasional dan Internasional.

“Tentunya selain meningkatkan pengembangan prestasi olahraga mahasiswa juga menanamkan Pendidikan karakter melalui olahraga” ujarnya.

Pertandingan menggunakan sarana dan prasarana dengan standar nasional selain itu juga melibatkan Lembaga Indonesia Anti Doping (IADO).

Dengan 166 nomor lomba, para atlet akan memperebutkan sebanyak 1.274 keping medali terdiri dari 368 medali emas, 368 perak dan 538 perunggu .

“Semoga event POMNas Ke-XVII ini dapat berkontibusi positif untuk peningkatan prestasi olahraga mahasiswa di tingkat nasional dan internasional, juga diharapkan dapat mensukseskan program MKBM yang menghasilkan Output mahasiswa berkarakter, beradab, jujur, Berani, cerdas, serta mandiri,” Jelasnya.

Diketahui Pekan Olahraga Mahasiswa (POMNas) adalah ajang olahraga nasional antar Provinsi untuk mahasiswa Perguruan Tinggi tingkat sarjana dan diploma di Indonesia.

Dikatakan POMNas juga salah satu event olahraga prestasi nasional setelah PON. Yang melibatkan 408 Perguruan Tinggi dari 34 Provinsi di Indonesia .

POMNas sendiri pertama kali Diselenggarakan di Yogyakarta pada tahun 1980. Sebelumnya tahun 2019 POMNas XXVI dilaksanakan di Jakarta. Dikarenakan Pandemi tahun 2021 maka POMNas XXVII baru digelar kembali tahun 2022 di Sumbar di UNP.

POMNas berlangsung selama 10 hari digelar mulai 17 sampai dengan 26 November,dan nantinya di tutup oleh menteri Pemuda Olah Raga RI, Zainundin Amali.

Sementara untuk pertandingan yang dilombakan sebanyak 14 cabor. Yaitu: Atletik, Bola basket, Voli, Futsal, Pencak Silat, Pentaque, Tarung Derajat, Tenis, Renang dan Sepaktakraw. Digelar di kampus UNP.

Sementara untuk Tae Kwon Do, Karate, digelar di ATI Padang. Cabang Bulutangkis dan Panjat Tebing dilaksanakan di Kampus Unand. (PT/TN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini