Peningkatan Kapasitas Pengelola BUMNAg dalam Menyusun Laporan Keuangan

0
802
ads

Oleh: Rita Rahayu, SE, MSi, AK, CA, CRA, CRP, PhD

PadangTIME.com – Sebagaimana disebutkan dalam Permendes No. 4 Tahun 2015 (Pasal 1 No. 2) bahwa Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) merupakan sebuah “Badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa”. Tentunya sebagai sebuah badan usaha,  BUMDES (di Sumatera barat dikenal dengan nama Badan Usaha Milik Nagari/BUMNAg) memiliki kewajiban untuk membuat laporan keuangan sebagai bentuk pertanggungjawaban pengelolaan keuangan dari pengelola BUMDES/BUMNAg.

Namun sayangnya, sebagaimana massive ditemui diberbagai wilayah di Indonesia, sebagian besar pengelola BUMDES belum memiliki kemampuan yang memadai dalam menyusun laporan keuangan ini. Hal yang sama juga ditemui pada BUMNAg Tunas Mekar di Nagari Simpuruik, dimana pengelola BUMNAg masih memiliki kendala dalam menyusun laporan keuangannya. Oleh karena itu, tim pengabdi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang diketuai oleh Bapak Fery Adrianus berinisiatif untuk mengadakan kegiatan pendampingan untuk penyusunan laporan keuangan ini.

Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan pada tanggal 7 November 2022 lalu. Bertempat di Kantor Wali Nagari Simpuruik, kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh pengelola BUMNAg. Dalam kegiatan ini tim pengabdi melakukan pendampingan terkait dengan penyusunan laporan keuangan BUMNAg. Dalam kegiatan ini, salah seorang tim pengabdi, yaitu ibu Dr. Rita rahayu, SE, MSI, AK, memberikan materi tentang bagaimana menyusun laporan keuangan yang terdiri dari laporan Laba Rugi, Laporan Perubahan Modal dan Laporan Posisi Keuangan. Dalam kesempatan ini juga dijelaskan tentang penyusunan laporan keuangan dengan menggunakan Microsoft Excel.

Diharapkan kegiatan ini dapat membantu peningkatan pemahaman pengelola BUMNAg dalam menyusun laporan keuangan. Sehingga kedepannya, pengelola BUMNAg dapat dengan mudah untuk menyusun laporan keuangan dengan baik sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Kegiatan ini tentunya juga dapat dilakukan secara luas sehingga dapat membantu BUMNAg lain di Sumatera Barat dalam penyusunan laporan keuangan mereka. (PT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini