Pemkab Pesisir Selatan Tingkatkan Kualitas Kesehatan ASN Melalui Aplikasi SIPGAR

0
622

PadangTIME.com  | Untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat terutama sekali terhadap kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN), Dinas Kesehatan  Kabupaten Pesisir Selatan kenalkan Aplikasi SIPGAR melalui sosialisasi terhadap perangkat daerah yang ada.

Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Syahrizal Antoni, mengatakan Rabu (14/9) bahwa Aplikasi SIPGAR memiliki fungsi untuk mengukur kebugaran jasmani daya tahan jantung dan paru seseorang, dengan metode rockport atau jalan/jogging dengan jarak tempuh sekitar 1,6 kilometer.

“Aplikasi ini dapat diunduh di platform Playstore, sehingga semakin mudah digunakan untuk olahraga dimanapun dan kapanpun secara mandiri. Agar cepat dikenal oleh masyarakat terutama di kalangan ASN, sehingga kami  menggencarkan sosialisasinya bagi mereka,” sebagaimana telah kami lakukan Selasa (6/9) pekan lalu di Hannah Hotel Painan,” ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa Aplikasi SIPGAR dapat di download pada playstore dengan mengisi data pribadi yang akan terkoneksi langsung ke Kemenkes RI.

“Di dalam Aplikasi SIPGAR ini kita akan mengetahui data kesehatan diri kita, dan olahraga atau kebugaran fisik apa yang cocok bagi kita untuk dilakukan,” jelasnya.

Lebih jauh dijelaskan bahwa berdasarkan surat edaran dari Bupati Pesisir Selatan Nomor : 800/370/kesmas-KL/iv/2021 tentang peningkatan kesehatan kerja di perkantoran, maka perlu dilakukan aktivitas fisik harian bagi ASN maupun karyawan.

“Aktivitas fisik itu dilakukan selama 30 menit dalam sehari, serta  peregangan di tempat kerja dilakukan pula setiap 2 jam selama 10-15 menit,” ucapnya.

Ditambahkan lagi bahwa dengan begitu besarnya anggaran pemerintah yang tersedot untuk biaya pengobatan, sehingga semua masyarakat perlu menerapkan Gerakkan Masyarakat Hidup Sehat dan gaya hidup sehat.

“Salah satu pesan Germas yang perlu mendapatkan perhatian itu adalah meningkatkan aktivitas fisik, dan peregangan di tempat kerja,” tutupnya. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini