Pertandingan Tenis Junior Piala Gubernur Akan Digelar Sebagai Bentuk Dukungan Mahyeldi Terhadap Pembinaan Atlet Usia Dini Sumbar

0
285

PadangTIME.com – Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah secara resmi membuka Kejuaraan Nasional Tenis Junior Irawati Moerid Tennis Competition (IMTC) di lapangan Gelanggang Olah Raga (GOR) Universitas Negeri Padang (UNP), Padang, Rabu (3/5/2023).

Menurut Gubernur, tenis memiliki peluang besar untuk menjadi cabang olahraga andalan Provinsi Sumatera Barat (Prov. Sumbar) dalam berbagai kejuaraan tingkat nasional nantinya, asalkan pembinaan usia dininya berjalan secara optimal.

“Dewasa ini olahraga tenis semakin diminati masyarakat terutama generasi muda, bahkan saya juga melihat, ada anak usia dibawah 10 tahun mulai ikut berlatih,” ungkap Gubernur Mahyeldi

Mahyeldi menegaskan, Pemerintah provinsi melalui Dinas Pemuda dan Olahraga akan terus mendukung segala macam kegiatan bidang keolahragaan di Sumbar termasuk tenis.

Ia mengingatkan, prestasi bidang keolahragaan disuatu daerah akan sulit dicapai, ketika tidak disertai dengan adanya penyelenggaraan kompetisi berjenjang dan berkelanjutan untuk para atlet.

“Kompetensi berjenjang dan berkelanjutan sangat penting untuk melatih mental para atlet untuk bisa berprestasi pada tingkat yang lebih tinggi,” ucapnya.

Selanjutnya Gubernur Mahyeldi menyampaikan, Ia menyambut baik dan mendukung penuh pelaksanaan Kejuaraan Nasional Tenis Junior IMTC di Sumbar. Bahkan Ia mendorong Pengprov. PELTI Sumbar untuk juga mengadakan Kejuaran Tenis Junior Tingkat Provinsi dengan memperebutkan Piala Gubernur dalam waktu dekat.

“Saya juga ingin nanti ada kejuaraan Tenis Junior di Sumbar dengan memperebutkan Piala Gubernur, kita minta Ketua Pengprov PELTI untuk coba rancang itu,” tutur Mahyeldi.

Mendapatkan dukungan Gubernur Sumbar, Ketua Pengprov PELTI Sumbar, Syahrial Bakhtiar menyampaikan akan segera mempersiapkan pertandingan Tenis Tingkat Junior tersebut, bahkan ia berencana akan menyelenggarakannya dalam tahun 2023 ini.

Prof. Syahrial juga menyampaikan bahwa Kejuaraan IMTC ini diikuti oleh 140 Atlet dari berbagai daerah di Sumbar, selain sebagai ajang pengukur kemampuan atlit, kegiatan ini juga bertujuan untuk mencari bibit-bibit unggul.

“Pertandingan ini sekaligus sebagai wahana untuk mengukur kemampuan atlet tenis junior Sumbar setelah memperoleh pembinaan di daerahnya masing-masing,” ungkapnya.

Sementara itu menurut Irawati Moerid, menuturkan bahwa pertandingan ini dilaksanakan atas semangat keinginan untuk membuat adanya pemerataan kompetisi bagi seluruh pemain tenis junior Indonesia.

“Selama ini, kita hanya fokus di Pulau Jawa saja. Makanya sekarang, kita adakan di Padang ini, agar ada pemerataan pertandingan bagi seluruh pemain junior Indonesia,” ujar Irawati.

Alasan inilah yang mendorong IMTC menggelar pertandingan di luar Pulau Jawa, agar para pemain dari semua daerah mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi petenis andalan Indonesia di masa yang akan datang. (adpsb)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini