AYO MEMBACA !!

Bertemu Ganjar, Genius Sampaikan Persiapan Rapat KAGAMA Sumbar Dukung Pembangunan Nasional

PadangTIME.com –  Usai berikan materi pembekalan kepada taruna untuk pelaksanaan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) ke- XLIII, Wali Kota Pariaman, Genius Umar, temui ketua Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (KAGAMA), Ganjar Pranowo, di Puri Gede, Semarang, Rabu (3/5/2023) pagi.

Genius Umar, yang juga pengurus daerah KAGAMA Sumatera Barat, sampaikan ke Ketua KAGAMA nasional, bahwa akan rencanakan rapat kerja daerah di Sumatera Barat, dalam rangka menyiapkan strategi percepatan pembangunan daerah.

Ia sampaikan, beberapa sektor yang akan disiapkan mendukung pembangunan daerah yakni bidang pemerintahan, bidang pendidikan, agama dan budaya, bidang kepariwisataan yang kesemuanya itu dinilai mampu menjadi dukungan peningkatan sector ekonomi masyarakat nantinya.

“ Karena beberapa bidang tersebut telah kita terpakan di Kota Pariaman, sehingga hal ini mampu menumbuhkan nilai ekonomi masyarakat naik 4 % disaat pandemi covid yang terjadi dalam dua tahun lalu, dan juga program kuliah gratis yakni Satu keluarga Satu Sarjana (SAGASAJA)” tutur Genius kepada Ganjar.

Bahkan, sambung Genius, saat pandemi dan berlanjut hingga saat ini di Kota Pariaman mampu melaksanakan pembangunan jalan non budgeter. Hal ini berkat ampuhnya komunikasi pemimpin dengan masyarakat, dan mampu membuat jalan dengan pola gotong royong, dengan nol APBD. Ternyata jitu sebagai sebuah inovasi dan mempercepat pembangunan.

Hal tersebut, disambut baik oleh Ganjar Pranowo, yang juga Gubernur Jawa Tengah itu, karena hal ini sejalan dengan visi misi KAGAMA, yakni menjadi pelopor organisasi alumni perguruan tinggi yang modern, unggul dan inovatif, mengabdikan diri untuk kepentingan bangsa dan kemanusiaan yang dijiwai nilai-nilai luhur budaya bangsa berlandaskan moral Pancasila.

“ Serta meningkatkan peran dan relevansi alumni melalui pengembangan kompetensi dan karir, jejaring alumni, advokasi kebijakan dan pengabdian masyarakat dalam wadah KAGAMA berlandaskan nilai-nilai Pancasila,” tutur Ganjar ke Genius Umar.

Namun Ganjar, terheran-heran, “Kok bisa ya !!! Kota Pariaman dengan beragam dinamikanya itu melahirkan sebuah program SAGASAJA kuliahkan peserta programnya ke universitas ternama.

Menurut Ganjar Program Saga Saja Pemko Pariaman adalah satu-satunya di seluruh Indonesia, termasuk menempatkan putra putri peserta program ke berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

“ Selaku Ketua Pusat KAGAMA Indonesia, saya mendukung peserta Program Saga Saja itu bisa berkuliah di UGM juga nantinya,” singkat Ganjar.

Genius Umar juga mengundang Ganjar Pranowo untuk hadir nantinya dan melantik Kagama Sumbar untuk melantik dan mengukuhkan Kepengurusan KAGAMA Sumbar dibawah kepemimpinan ketuanya, Prof. Dr. H. Genius Umar, S.Sos., M.Si.

Perbincangan juga dilanjutkan dengan sharing strategi pembangunan daerah terkait bagaimana meningkatkan partisipasi publik dalam pembangunan daerah dan nasional.(Fadli)