Perluas Kampus Sagasaja, Pemko Pariaman Kerjasama dengan IPB

0
710

Padang TIME | Pemerintah Kota Pariaman kembali menjalin kerjasama dengan peguruan tinggi vokasi untuk mendukung program Satu Keluarga Satu Sarjana (Sagasaja) di Kota Pariaman. Kali ini Walikota Pariaman, Genius Umar menekan kerjasama dengan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Arif Satria di kampus IPB Bogor di Kota Bogor, Rabu,11/1.

Genius Umar mengatakan bahwa program Sagasaja ini merupakan upaya Pemko Pariaman untuk memutus rantai kemiskinan di Kota Pariaman.

“Kemiskinan berawal dari kurangnya pendidikan dan mereka tidak bisa sekolah karena miskin, sehingga masalah ini selalu berputar-putar disitu saja. Oleh sebab itu pemerintah harus melakukan intervensi melalui kebijakan pendidikan bagi keluarga tidak mampu ini”, ujarnya di depan rektor IPB dan dekan voksi IPB.

“Bila hanya bantuan beras, sandang pangan dan lainnya kita berikan tidak signifikan mengurangi angka kemiskinan di daerah, namun jika melalui program ini maka pendidikannya terangkat dan ekonomi keluarganya bisa juga terangkat”, sambungnya.

Genius juga menegaskan bahwa masyarakat tidak mampu juga memiliki hal untuk sekolah tinggi dengan catatan mereka juga memiliki kemauan  kuat untuk maju.
Sementara itu Rektor IPB, Prof. Arif Satria menyambut baik kerjasama ini.

“Pendidikan dan kesehatan adalah hal penting untuk meningkatkan SDM, karena bila sudah sehat dan berpendidikan maka pemikirannya akan berkualitas”, ungkapnya.

Sumbar adalah gudangnya intelektual dan cendekiawan di Indonesia, banyak tikoh-tokoh perjuanhan bangsa sari Sumbar.

“Oleh sebab itu kita akan terus dukung program Pemko Pariaman di bidang pendidikan ini”, lanjutnya.

Sagasaja adalah program unggulan Pemko Pariaman sejak Tahun 2018 .

Perguruan tinggi yang sudah bekerjasama antara lain PNP, Poltekpel Sumbar, PKP, ATI Padang, IPB, UI dan Poltrada di Bali. (pt)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini