Perekaman E-KTP terhadap Pemilih Pemula Ditargetkan Tuntas Hingga Akhir Desember

0
914

Padang TIME | Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Evafauza Yuliasman, tegaskan kepada
semua Unit Kerja Lapangan (UKL) Dukcapil bisa menuntaskan rekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) bagi pemilih pemula.

Hal itu dia tegaskan agar masyarakat yang akan memasuki usia 17 tahun pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 nanti, tidak kehilangan hak pilihnya.
 
“Sebab dengan tuntasnya perekaman KTP-el terutama terhadap remaja yang akan memasuki umur 17 tahun pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada tahun 2024 nanti, tidak kehilangan hak suaranya. Makanya semua UKL Dukcapil saya minta untuk menuntaskan target merekamnya terhadap pemilih pemula ini,” tegasnya , Senin (4/12) di Painan.

Ditambahkannya bahwa selain bertujuan agar tidak hilang hak pilih pada serentak 2024 itu, dengan memiliki identitas diri berupa KTP-el itu masyarakat juga tidak akan mengalami keterkendalaan dalam mendapatkan berbagai pelayanan publik.

“Kepemilikan dokumen kependudukan seperti KTP-el juga akan memudahkan kita dalam mendapatkan berbagai layanan publik. Seperti untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan, urusan perbankan, pendidikan, dan lainnya,” jelas Evafauza.

Berdasarkan hal itu, sehingga dia tidak henti-hentinya mendorong masyarakat yang belum melakukan perekaman untuk datang ke kantor UKL di setiap Kecamatan.

“Sebab melalui upaya itu akan tercipta masyarakat sadar administrasi kependudukan di daerah ini,” harapnya.

Pencapaian target perekaman KTP-el bagi pemilih pemula ternyata juga terus dilakukan oleh UKL Dukcapil Kecamatan IV Jurai.  
 
“UKL Dukcapil Kecamatan IV Jurai saat ini juga terus melakukan kegiatan pencapaian target kinerja perekaman KTP-el bagi pemilih pemula. Kita optimis target 100 persen ini akan bisa tercapai mendekati akhir tahun 2023 ini,” kata penanggung jawab UKL Dukcapil Kecamatan IV Jurai, Rini Nofrita .  

Dijelaskannya bahwa perekaman KTP-el itu tidak hanya dilakukan di kantor UKL Dukcapil Kecamatan.

“Tapi juga turun langsung ke sekolah-sekolah. Bahkan kita juga membuka pelayanan kepada masyarakat umum secara setiap kali turun ke sekolah-sekolah tersebut,” timpalnya. (pt)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini