Perdana di Indonesia, UNP Jadi Tuan Rumah CIFest Roadshow 2023

0
1225

 

Metro Padang | Campus Integrity Fest (CIFest) 2023 merupakan kegiatan yang didukung oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk membangun integritas dan sikap anti-korupsi di lingkungan kampus.
Universitas Negeri Padang terpilih satu-satunya perguruan tinggi di Sumatera yang  sebagai penyelenggara CIfest Roadshow 2023.
Kegiatan CIfest dengan tema “Gagasanku, Integritas Kampusku”  ini diadakan di Aula FMIPA UNP, Selasa (24/5).
Hadir dalam kegiatan ini Rektor, Direktur Jejaring Pendidikan KPK, Aida Ratna Zulaiha, S.P., M.M, Wakil Rektor IV, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Lembaga, Kepala Badan, Kepala Biro, Kepala Kantor, pengurus Ormawa, dan perwakilan Mahasiswa dari masing-masing Fakultas. Selanjutnya CIfest Roadshow 2023 ini akan diadakan di Kota Ambon di Universitas Patimura dan Kota Surabaya di Universitas Airlangga.
Wakil Rektor IV UNP, Prof. Dr. Yasri, M.S dalam sambutannya menyampaikan bahwa seluruh sivitas akademika dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa UNP harus menanamkan nilai integritas sedari dini. Saat ini UNP sudah melaksanakan zona integritas melalui Reformasi Birorkasi dengan menerapkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)- Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Saat ini, segala sistem dan pelayanan di UNP sudah bebasis daring dengan menerapkan e-manajemen. Melalui acara ini sivitas akademika dituntut untuk lebih berinovasi dan menanamkan nilai integritas dengan mengimplementasikannya dalam Tridharma perguruan tinggi.
Direktur Jejaring Pendidikan KPK, Aida Ratna Zulaiha, S.P., M.M. CIfest mengatakan banwa kegiatan CIfest ini sebelumnya dikenal Festival Integritas Kampus yang merupakan ajang kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh KPK.
CIFest bertujuan untuk menggali ide gagasan dari mahasiswa yang berupa kompetisi nasional yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiwa secara nasional.
Kegiatan ini perdana dilaksanakanan  di Kota Padang terutama di UNP, setelah ini akan diadakan di UNAIR Surabaya dan UNPATI Ambon. Pemilihan UNP sebagi lokasi roadshow pertama merupakan komitmen rektor untuk dapat menguatkan ekosistem dan  integritas kampus.
Direktur Jejaring Pendidikan KPK menyampaikan 3 strategi dalam memberantas korupsi yakni strategi penindakan, strategi pencegahan, dan strategi pendidikan dengan menanamkan nilai-nilai sadar anti korupsi. “Mahasiswa sebagai agen intelektual  perubahan. Saya mengajak berperan aktif dan mengambil kesempatan untuk mengikut kompetisi ini,” harap Aida Ratna. 
Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D dalam sambutannya secara daring menyampaikan apresiasi dan gagasan sangat inovatif dalam menumbuhkembangkan integritas di perguruan tinggi. Mahasiswa adalah calon pemimpin bangsa bisa menjadi role model bagi masyarakat dan merupakan center of excellence dalam membangun integritas bangsa, kalau kampus sudah memiliki integritas pasti akan berdampak kepada masyarakat dan tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.
Tantangan bagi UNP untuk menjadi role model dan contoh berbagai kampus yang berintegritas.
Cifest Roadshow ini menghadirkan narasumber Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D, Direktur Jejaring Pendidikan KPK, Aida Ratna Zulaiha, S.P., M.M,Founder Penulis Profesional ID, Bambang Trimasyah, Research & Data Analyst, Rio Alfajri dan Mahasiswa berprestasi UNP, Roy Ekananda. (pt)

 

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini