Oleh : DR.Verinita,SE.MSi
Staf Pengajar  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas

PadangTIME.com | Di kota Payakumbuh terdapat banyak  koperasi, ada sekitar 147 koperasi tetapi hanya 65 koperasi yang aktif. Padahal koperasi menjadi soko guru bagi perekonomian  masyarakat melalui penciptakan kegiatan yang produktif sebagai cara untuk meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi itu sendiri.

Dan salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan anggata nya adalah melalui peningkatan kinerja koperasi. Tetapi saat ini banyak koperasi   sepertinya mati suri.

Hal ini disebabkan beberapa hal seperti: tidak ada generasi muda yang tertarik  untuk meneruskan pengelolaannya, kemampuan SDM yang masih minim untuk  mengelola koperasi serta banyaknya anggota yang tidak aktif.

Karena itu kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Universitas Andalas Kampus Payakumbuh  ini perlu dan urgent untuk dilaksanakan. Kegiatan ini dilaksanakan  pada tanggal 25 November 2022  yang dimulai dari pukul  9.00 sampai 16.00 WIB.

Kegiatan pengabdian ini di hadiri oleh 30 orang pengelola atau pengurus koperasi  yang berada di kota Payakumbuh.

Kegiatan pengabdian ini didukung oleh Dinas Koperasi dan UKM kota Payakumbuh dan acara dibuka oleh secara resmi oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM kota Payakumbuh yaitu M.Faizal.S.Pt.

Dan dilanjutkan oleh kata sambutan dari  Koordinator Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas Kampus Payakumbuh, Dr.Verinita,SE.M.Si. Dalam sambutannya Verinita menyampaikan  bahwa kegiatan pengabdian ini akan menjadi kegiatan pengabdian yang berkelanjutan  untuk mendampingi dan memberikan penguatan kepada koperasi dan UMK yang ada di kota Payakumbuh.

Masih menurut Verinita, kegiatan ini  merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas Kampus Payakumbuh. Acara ini didahului oleh pemaparan materi oleh  3 orang pemateri yaitu , Musbatiq Srivani, SE.Ak.MA.MSE, Weriantoni,SE.M.Sc dan Ranny Fitriana Faisal, BPM,MHRM  dan acara pengabdian ini dimoderatori oleh Fatma Poni Mardiah,SE.

Kemudian acara dilanjutkan dengan kegiatan focus grup discussion yang akan menggiring untuk menemukan langkah langkah ke depan yang akan dilaksanakan untuk mendampingan koperasi.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan  solusi berupa peningkatan pengetahuan  dan membangun kesadaran  berkoperasi  kepada anggota koperasi agar lebih aktif lagi sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Dan kegiatan pengabdian ini akan dilanjutkan secara continue dengan bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM kota Payakumbuh sehingga dapat terjamin keberlanjutan pendampingan ini  sehingga  menjadi optimal. (pt)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini