Pemuda Hari Ini Untuk Pemimpin Dimasa Depan

0
4449

Padang TIME | Pemuda merupakan generasi yang akan menjadi
pemimpin dimasa depan. Dimana peran pemuda sangatlah diharapkan, karena merupakan pewaris bangsa yang akan menjadi sosok pemimpin selanjutnya.

Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Walikota Pariaman, Roberia saat membuka dan memotivasi kegiatan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kepemudaan Kemah Pemuda 2023 yang diadakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Pariaman melalui dana pokok pikiran (pokir) Ketua DPRD Kota Pariaman, Harpen Agus Bulyandi di Aula Balaikota Pariaman, Sabtu (08/12/2023).

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 9-10 Desember 2023 yang diadakan di dua tempat yakni di Aula Balaikota Pariaman dan Pulau Angso Duo Pariaman yang diikuti oleh 200 peserta yang berasal dari Organisasi Kepemudaan/OKP/Komunitas Pemuda se-Kota Pariaman.

Adapun bentuk kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Organisasi/Komunitas Kepemudaan Kota Pariaman Tahun 2023 ini dilaksanakan dalam bentuk perkemahan dengan paket kegiatan umum seperti kegiatan keagamaan, kegiatan upacara dan apel, kegiatan olahraga/permainan tradisional, kegiatan persaudaraan.

Kemudian, kegiatan Seminar/Dialog Wawasan Kebangsaan dan Kepemimpinan dengan tema “Potensi, Masalah, Peran, dan Harapan Untuk Pariaman” dimana pada sesi pertama mengundang narasumber, Pj Wako Pariaman, Ketua DPRD Kota Pariaman, Kodim 0308 Pariaman dan Kapolres Pariaman.

Sementara untuk Outbound & Bakti diadakan di Pulau Angso Duo dengan aksi bersih pantai/ pulau, penghijauan dan penanaman pohon, kegiatan seni budaya dan persaudaraan dan juga kegiatan partisipasi seperti pameran stand dan sosialisasi stakeholder/instansi terkait.

“Kami atas nama pribadi dan Pemerintah daerah mengapresiasi kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Organisasi/Komunitas Kepemudaan Kota Pariaman Tahun 2023, dimana pendanaanya bersumber dari APBD-P Kota Pariaman Tahun Anggaran 2023, yang merupakan pokok pikiran dari Ketua DPRD Kota Pariaman, saudara Harpen Agus Bulyandi ,” ujar Roberia yang juga sebagai narasumber.

Undang- Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan memberikan tugas, wewenang dan tanggung jawab kepada Pemerintah Daerah bersama-sama Pemerintah, masyarakat dan organisasi kepemudaan untuk membina pemuda melalui pembangunan kepemudaan agar senantiasa pemuda mampu menangkal berbagai ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan serta mampu menjalankan peran yang strategis dalam berkolaborasi dengan pemerintah dalam menyongsong bonus demografi 2045.

“Peningkatan kapasitas dan kualitas suatu bangsa melalui pembangunan SDM yang unggul, merupakan tugas bersama dalam menciptakan bangsa yang kuat dan negara yang makmur. Melalui SDM yang unggul, tangguh dan berkualitas baik secara fisik dan mental, akan berdampak positif tidak hanya terhadap peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa, namun juga dalam mendukung pembangunan nasional ,” tuturnya.

Roberia mengatakan, tanpa pemuda yang tangguh dan handal menghadapi tantangan perkembangan zaman yang semakin global, serta menembus batas-batas negara, niscaya bangsa akan mengalami kemunduran dalam kehidupan antar bangsa.

“Pemuda menempati posisi sentral yang strategis karena mencakup fungsi yang dinamis, sebagai subjek pengendali pembangunan atau penerus perjuangan untuk mewujudkan cita-cita bangsa dan pemimpin di masa depan ,” imbuhnya.

Roberia berpesan agar para peserta pelatihan dapat mengikuti acara ini sampai selesai, serap ilmu yang diberikan oleh para narasumber yang ahli dibidangnya ini, sehingga sharing knowledge yang disampaikan, dapat dipahami dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Dan kita berharap akan terjadinya peningkatan SDM bagi para pemuda Kota Pariaman, sehingga mereka siap bersaing untuk menjadi generasi emas bagi bangsa Indonesia ,” tutupnya mengakhiri.  (pt)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini