OPPO Find X5 Pro Tingkatkan sistem pendingin yang lebih tinggi Untuk pengalaman yang luar biasa bagi pengguna

0
2661
ads
Sistem pendingin baru OPPO Find X5 Pro memungkinkan perangkat tetap tenang dalam situasi apa pun. Panel belakang tidak akan memanas dengan tidak nyaman saat memainkan game 3D yang kaya, dan tidak akan ada kekhawatiran tentang panas berlebih saat merekam video 4K. Sistem pendingin yang hebat membuka potensi penuh dari ponsel yang kuat.
Pendinginan tingkat PC dalam cangkang mini
Menyempurnakan pendinginan di telepon bukanlah proses yang sederhana. OPPO Find X5 Pro menggunakan solusi pendinginan pasif penuh, menghasilkan nol kebisingan. Dan semua bagiannya harus ditempatkan di sekitar komponen inti dalam wadah yang dibuat dengan presisi dengan ketebalan kurang dari 9mm.
Sistem pendingin OPPO Find X5 Pro tidak diperlakukan sebagai teka-teki blok logistik murni. Setiap langkah proses dipandu oleh persepsi suhu tubuh manusia. Tidak akan ada titik panas di bagian belakang ponsel yang dapat dilihat pengguna, tidak ada peningkatan panas untuk mengalihkan perhatian dari situasi apa pun
Desain ruang uap OPPO
Ruang uap adalah jantung dari sistem pendingin telepon. Dari luar, ini mungkin terlihat seperti lembaran logam tipis, tetapi ada dunia kecil yang rumit di dalam dindingnya.
Ruang uap adalah gua tembaga ultra-tipis yang disuntikkan dengan sejumlah kecil cairan. Saat panas dari komponen di bawahnya mengalir melalui bagian bawah ruang, cairan ini menguap dan menyebar ke seluruh ruang. Ini mengembun di dinding luar, menyebarkan panas yang dipegangnya ke area permukaan yang jauh lebih besar, menghilangkan panas dalam prosesnya.
Semakin besar ruang uap, semakin luas dan efektif dapat memindahkan panas dari komponen yang menghasilkannya, seperti prosesor utama. OPPO telah berhasil meningkatkan ukurannya sebesar 75% dibandingkan generasi sebelumnya. Ini hampir sepenuhnya menutupi baterai dan SoC, prosesor utama.
Driver layar dan panel layar, SoC, dan koil pengisi daya nirkabel adalah beberapa area penghasil panas yang memerlukan perhatian ekstra. OPPO mengembangkan solusi khusus untuk komponen ini berdasarkan tiga bahan: tembaga, grafit, dan graphene.
Rekayasa material tingkat lanjut
Tembaga adalah bahan tradisional untuk komponen pendingin. Namun, ketika merancang manajemen panas untuk layar, tim R&D OPPO menemukan bahwa penyebaran panas dan ketahanan layar dapat ditingkatkan dengan menggunakan lembaran tembaga yang diapit lapisan grafit ultra-tipis.
Ini membantu menjaga tampilan tetap dingin saat memberikan kecerahan yang membakar pada 120Hz, dan secara dramatis meningkatkan ketahanan jatuh dari OPPO Find X5 Pro dengan meningkatkan integritas struktural.
Zona panas lainnya di telepon, seperti motherboard dan koil baterai, tidak memerlukan tingkat dukungan struktural yang sama, membiarkan OPPO R&D menggali lebih jauh ke dalam solusi yang mungkin. Mereka mendarat di film graphene, di mana karbon dari grafit disusun dalam lapisan atom tunggal, yang secara dramatis meningkatkan kekuatan dan konduktivitas.
Grafena adalah bahan yang luar biasa tetapi memproduksinya dalam skala massal bukanlah tugas yang mudah. Untuk mengubah grafit menjadi graphene melibatkan proses yang disebut sintering, dimana grafit dipanaskan pada suhu hingga 3100 derajat celcius. Suhu tinggi seperti itu tidak dapat dicapai untuk produksi industri massal. OPPO adalah yang pertama di industri yang mencapainya, menghasilkan film graphene paling konduktif dengan kualitas tertinggi.
Setelah bertahun-tahun bereksperimen dan menyempurnakan, OPPO telah mencapai peningkatan 50% dalam konduktivitas termal film graphene dibandingkan dengan proses generasi pertama, untuk kinerja terdepan di industri.
Sistem pendingin bebas kompromi menurunkan panas OPPO Find X5 Pro ke kisaran yang nyaman, bahkan saat menjalankan game dengan refresh tinggi 90/120 Hz dan menjaga ponsel tetap dingin saat mengisi daya. Lebih dari sekadar pendinginan pasif.
OPPO juga membuat casing Ice-skin* baru untuk menjaga ponsel tetap dingin sekaligus melindunginya. Inti dari casing ini adalah Glacier Mat, material inovatif yang mencapai siklus pendinginan yang dapat diisi ulang sendiri tanpa menggunakan daya sama sekali.
Glacier Mat adalah lapisan hidrogel yang dikembangkan bersama dengan Universitas Wuhan, salah satu universitas terkemuka di Cina. Hidrogel menarik uap air dari udara, yang kemudian diuapkan melalui panas yang dihasilkan oleh perangkat. Ini adalah bahan yang ideal untuk mengeluarkan panas dari perangkat. Namun, hidrogel biasa tidak dapat mengisi kembali air setelah penguapan sehingga tidak dapat digunakan sebagai solusi pendinginan jangka panjang.
Glacier Mat berbeda, itu adalah hidrogel yang dimodifikasi yang dapat menyerap kembali kelembaban dari udara pada suhu rendah, setelah air yang awalnya ditahan diuapkan melalui proses pendinginan OPPO Find X5 Pro, menciptakan siklus pendinginan melingkar. Meskipun terdengar sederhana, para insinyur OPPO membutuhkan banyak upaya untuk menerapkan teori ini ke dalam praktik dan produksi massal dalam waktu kurang dari setengah tahun.
Pengujian menunjukkan penurunan suhu ponsel 2-3 derajat saat bermain game dengan casing Ice-skin terpasang. Ponsel yang lebih dingin meningkatkan kenyamanan saat bermain dan memastikan frame rate tertinggi untuk pengalaman yang lebih mulus. Bagian terpenting: casing Ice-skin mencapai semua ini dengan bobot minimal, penggunaan daya nol, dan kebisingan nol. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini